Prasetyo, Witanto (2011) PENGARUH CITRA BAND ENDANK SOEKAMTI TERHADAP LOYALITAS PENGGEMAR DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text
0KOM02430.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1KOM02430.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
2KOM02430.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
3KOM02430.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
4KOM02430.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Satu hal yang cukup menarik dari Endank Soekamti, grup band asal Yogyakarta yang beranggotakan Erik (vokal,bass), Dori(gitar, vokal), Ari(dram) adalah kebangkitan mereka setelah sempat mendapat larangan bermain di ibu kota selama satu tahun. Dari pengalaman seperti itu yang menarik adalah bagaimana band seperti Endank Soekamti bisa bertahan. Bagaimana mereka bisa bangkit kembali dan berjaya dibawah bendera NAGASWARA. Bagaimana mereka saat ini memiliki fan base yang kuat dan solid. Sehingga jadwal panggung mereka pun semakin padat, dan dalam setiap penampilannya selalu penuh dengan penonton. Menurut catatan sekitar 5000 orang yang mengaku sebagai kamtis family selalu hadir dalam setiap pementasan ES di pulau Jawa. Semua ini tentu karena keberhasilan pihak band dan manajemennya untuk menjalin dan menjaga citra yang baik dengan Kamtis, terutama di daerah Yogyakarta, asal dari trio ini memulai karier. Bahkan saat ini Endank Soekamti tercatat sebagai satu-satunya band yang memiliki radio streaming, sebagai salah satu aset penting mereka. Menurut kabar yang beredar mereka bahkan akan membuat stasiun televisi sendiri, meskipun dengan konsep on-line. Dari data di atas, terlihat bagaimana setiap band berusaha keras untuk menjaga komunikasi dengan penggemarnya melalui berbagai fasilitas. Kesemuanya memiliki tujuan yang sama, menjalin komunikasi yang baik dengan penggemar, sehingga dapat menciptakan sebuah citra yang positif bagi band tersebut. Melihat data di atas, terlihat jelas Endank Soekamti merupakan band yang berjuang keras untuk menciptakan citra positif tersebut. Terbukti dengan banyaknya fasilitas yang diberikan bagi penggemar untuk lebih dekat dengan mereka. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti akan fokus kepada kepada Endank Soekamti dan penggemarnya. Apakah mereka tahu betul tentang kisah buruk Endank Soekamti di Jakarta beberapa tahun silam dan apakah citra yang dimiliki Endank Soekamti telah mempengaruhi mereka untuk menjadi penggemar yang loyal. Penelitian ini memberikan bukti bahwa persepsi dan pengetahuan mampu mempengaruhi atau membentuk citra, sedangkan citra mampu mempengaruhi loyalitas penggem
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Apr 2013 12:16 |
Last Modified: | 23 Apr 2013 12:16 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/773 |
Actions (login required)
View Item |