PERILAKU KONSUMEN PADA SOFTWARE BAJAKAN (KAJIAN PERSPEKTIF BISNIS DAN HUKUM)

Kurniawan, Aulia (2009) PERILAKU KONSUMEN PADA SOFTWARE BAJAKAN (KAJIAN PERSPEKTIF BISNIS DAN HUKUM). S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MIH01202.pdf

Download (445kB)
[img] Text (Bab I)
1 MIH01202.pdf

Download (405kB)
[img] Text (Bab II)
2MIH01202.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3MIH01202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text (Bab IV)
4MIH01202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5MIH01202.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bertujuan untuk menguji dan menjelaskan mengenai pengaruh faktor-faktor sosial dan kepribadian yang meliputi kerentanan informatif, kerentanan normatif kesadaran nilai, integritas, kepuasan pribadi, kebersamaan, dan pencarian hal-hal baru terhadap sikap konsumen dalam kaitannya dengan niat berperilaku terhadap software bajakan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji dan menjelaskan perbedaan sikap konsumen terhadap software bajakan berdasarkan jenis kelamin dan pendapatan per bulan. Berdasarkan perspektif hukum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi kesesuaian pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pemegang hak cipta atas software dengan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia. Sikap konsumen terdiri atas tiga atribut yang meliputi sikap terhadap konsekuensi sosial, sikap terhadap software bajakan dan sikap terhadap perilaku pembajakan. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan dari sisi manajemen dan pendekatan dari sisi hukum. Pendekatan dari sisi manajemen menggunakan metode kuantitatif, sedangkan pendekatan dari sisi hukum menggunakan pendekatan sosiologi hukum dan politik hukum. Penelitian ini menggunakan proses berpikir induktif. Metode penelitian yang digunakan dalam. penelitian ini adalah metode survei yang. dilakukan melalui kuesioner dan wawancara terhadap aparat penegak hukum. Analisis data kuesioner dilakukan. dengan pengujian Independent t-Test, One Way ANOVA dan analisis regresi berganda. Sedangkan analisis bahan hukum dilakukan melalui deskripsi, analisis sistematisasi, interprestasi serta menilai hukum positif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor-faktor sosial dan kepribadian mempengaruhi. sikap konsumen terhadap software bajakan dan sikap konsumen terhadap software bajakan mempengaruhi niat berperilaku konsumen terhadap software bajakan. Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak ada perbedaan sikap konsumen terhadap software bajakan berdasarkan pendapatan per bulan dan jenis kelamin. Dari perspektif hukum, penelitian ini menemukan bahwa perlindungan hukum terhadap pemegang hak cipta belum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal seperti lemahnya penegakan hukum terhadap pembajakan, harga software asli yang mahal, kurangnya pengetahuan aparat penegak hukum, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: software bajakan, faktor sosial dan kepribadian, perilaku konsumen, sikap, niat berperilaku, perlindungan hukum, hak cipta, pemegang hak cipta.
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Bisnis
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Sep 2015 07:59
Last Modified: 01 Sep 2015 07:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item