PERAN PEMEDIASIAN CONSUMER SELF-CONFIDENCE DAN PEMODERASIAN TINGKAT PENDAPATAN DALAM HUBUNGAN KAUSAL PERSONAL SHOPPING VALUE DENGAN INFORMATION SHARING

Hartina, Evalyn (2009) PERAN PEMEDIASIAN CONSUMER SELF-CONFIDENCE DAN PEMODERASIAN TINGKAT PENDAPATAN DALAM HUBUNGAN KAUSAL PERSONAL SHOPPING VALUE DENGAN INFORMATION SHARING. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MM01152.pdf

Download (778kB)
[img] Text (Bab I)
1MM01152.pdf

Download (200kB)
[img] Text (Bab II)
2MM01152.pdf

Download (221kB)
[img] Text (Bab III)
3MM01152.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM01152.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (Bab V)
5MM01152.pdf

Download (485kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mereplikasi dengan ekstensi penelitian yang dilakukan Paridon (2006) mengenai personal shopping value, consumer self confidence dan information sharing dengan memasukkan income sebagai variabel moderator. Dalam mengukur personal shopping value dan consumer self confidence, Paridon (2006) mengembangkan cara pengukuran yang masingmasing terdiri dari dua variabel dimana dalam satu variabel terdapat 4 item pertanyaan. Sedangkan untuk information sharing terdiri dari satu variabel yang terdiri dai 4 pertanyaan. Skala tersebut dalam penelitian Paridon digunakan untuk mengukur value konsumen dalam berbelanja di mall. Dimana dalam penelitian Paridon (2006) yang menjadi responden adalah wanita yang sudah bekerja dan berkeluarga. Dalam penelitian ini, Variabel-variabel yang dianalisis antara lain empat dimensi yang terdiri dari personal shopping value value (hedonic value dan utilitarian value), consumer self confidence (personal self confidence dan social self confidence), information sharing. Dari empat dimensi tersebut dijabarkan ke dalam 20 item pertanyaan. Penelitian ini memilih sebanyak 136 orang mahasiswi Yogyakarta sebagai responden dengan metode survei menggunakan self administered queisionaires. Data yang didapatkan kemudian diuji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui apakah instrumen tersebut valid atau tidak jika digunakan dalam penelitian ini. Hasilnya mengungkapkan bahwa instrumen kuesioner tersebut valid dan reliabel. Data tersebut kemudian diolah menggunakan regresi berganda. Dari hasil analisis menggunakan regresi berganda, mengungkapkan bahwa faktor yang mempengarui information sharing secara langsung maupun melalui social confidence sebagai mediator adalah hedonic value, dengan peran mediasi yang relatif kecil jika dibandingkan pengaruh langsung hedonic value terhadap information sharing dan hasil dari analisis data menunjukkan bahwa pendapatan tidak menjadi moderator dalam hubungan tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Personal shopping value, Hedonic Value,utilitarian value Value,consumer self-confidence, personal self confidence, social self confidence, information sharing
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:48
Last Modified: 15 Oct 2015 07:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8149

Actions (login required)

View Item View Item