KONTRIBUSI IKLAN HIJAU DAN KESADARAN MEREK HIJAU PADA PEMBENTUKAN GREEN SATISFACTION

SUDYASJAYANTI, CHRISTINA (2016) KONTRIBUSI IKLAN HIJAU DAN KESADARAN MEREK HIJAU PADA PEMBENTUKAN GREEN SATISFACTION. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MM02266.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1MM02266.pdf

Download (220kB)
[img] Text (Bab II)
2MM02266.pdf

Download (394kB)
[img] Text (Bab III)
3MM02266.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM02266.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (Bab V)
5MM02266.pdf

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi iklan hijau dan kesadaran merek hijau terhadap green satisfaction. Guna mengumpulkan data penelitian disebarkan 330 kuesioner kepada responden yang mayoritas berusia 18-36 tahun, pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Adapun kuesioner yang layak dianalisis adalah sebanyak 274 kuesioner. Pada penelitian ini dilakukan analisis faktor terhadap variabel iklan hijau (GAd) untuk mengetahui dimensi faktor apa saja yang membentuk iklan hijau. Dari situ didapatkan bahwa iklan hijau terdiri dari 6 faktor, namun 1 faktor dinyatakan tidak andal. Lima faktor tersebut terbentuk menjadi variabel-variabel baru, diantaranya adalah kepercayaan, citra iklan, manfaat, respon, dan daya tarik. Uji regresi berganda yang dilakukan menghasilkan perhitungan yang menyatakan bahwa faktor dari iklan hijau, yaitu citra iklan (nilai Sig=0,050), manfaat (nilai Sig=0,000), respon (nilai Sig=0,000) berpengaruh signifikan terhadap green satisfaction. Demikian halnya dengan kesadaran merek hijau (nilai Sig=0,000) berpengaruh signifikan terhadap green satisfaction. Adapun faktor dari iklan hijau yang tidak berpengaruh signifikan terhadap green satisfaction adalah faktor kepercayaan dan daya tarik. Hasil analisis mediasi menyatakan bahwa terjadi komplementer mediasi pada citra iklan, respon dan kesadaran merek hijau terhadap green satisfaction. Disamping itu terjadi hubungan langsung antara faktor manfaat terhadap green satisfaction.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Iklan Hijau, Kesadaran Merek Hijau, Perilaku Pembelian, dan Green Satisfaction
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Mar 2016 12:58
Last Modified: 14 Mar 2016 12:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8919

Actions (login required)

View Item View Item