PENGEMBANGAN SOSIAL INTELIJENSI BISNIS AKADEMIK MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Kasus : Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Hadianto, Meiko Pris (2016) PENGEMBANGAN SOSIAL INTELIJENSI BISNIS AKADEMIK MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Kasus : Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02230.pdf

Download (562kB)
[img] Text (Bab I)
1MTF02230.pdf

Download (172kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF02230.pdf

Download (162kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF02230.pdf

Download (380kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF02230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (Bab V)
5MTF02230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (Bab VI)
6MTF02230.pdf

Download (617kB)

Abstract

Intelijensi Bisnis Akademik saat ini merupakan sistem yang penting dan dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Pada umumnya, pengembangan Intelijensi Bisnis Akademik menggunakan data internal universitas. Sebuah penelitian menyatakan bahwa penggunaan data internal belum dapat dikatakan sebagai alat pengambil keputusan yang bagus dikarenakan terbatasnya sumber. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah data eksternal sebagai data tambahan intelijensi bisnis. Sosial media Twitter dapat dijadikan sebagai solusi data eksternal dalam intelijensi bisnis akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penggunaan sosial media terhadap intelijensi bisnis pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Penelitian ini menggunakan apache hadoop sebagai penyimpanan dan penyaringan data twitter, SQL Server sebagai pengolahan gudang data dan Microsoft Visual Studio 2008 Business Intelligence Development Studio sebagai pengolah data cube dan integrasi data. Data sampel akademik yang digunakan adalah Program Studi Pasca Sarjana UAJY. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem Sosial Intelijensi Bisnis dasar yang mampu memanfaatkan opini twitter sebagai data eksternal. Opini twitter sebagai fakta sehingga mampu menghasilkan laporan dengan dimensi sentimen dan dimensi yang berada dalam data internal. Sosial Intelijensi Bisnis mampu masuk ke dalam kriteria penilaian dosen dan mata kuliah dilihat dari data eksternal Universitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Sosial Intelijensi Bisnis, Bisnis Intelijen Akademik
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jun 2016 12:40
Last Modified: 23 Jun 2016 12:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9779

Actions (login required)

View Item View Item