ANALISIS DAN DESAIN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT INTELLIGENCE MENGGUNAKAN OLAP

WIJAYANTI, ELISABETH KURNIA (2016) ANALISIS DAN DESAIN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT INTELLIGENCE MENGGUNAKAN OLAP. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Elisabeth Kurnia Wijayanti)
0MTF02072.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1MTF02072.pdf

Download (213kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF02072.pdf

Download (146kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF02072.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF02072.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (Bab V)
5MTF02072.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (Bab VI)
6MTF02072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknologi Informasi (TI) berperan sebagai agen pengintegrasi dan pemampu (enabler) daya saing baru bagi perusahaan di pasar global. TI dapat digunakan untuk mendukung berbagai tujuan strategi (strategic objectives), termasuk pembuatan aplikasi yang inovatif, perubahan dalam proses bisnis, hubungan dengan partner bisnis, pengurangan biaya, mendapatkan (acquiring) inteligensi kompetitif, dll (Hemmatfar et al., 2010). Salah satu peranan SI di dalam dunia pendidikan adalah memastikan kita memperoleh informasi yang diperlukan pada saat dibutuhkan (Hamidi et al., 2011). Customer Relationship Management (CRM) merupakan proses untuk memaksimalkan nilai kepada pelanggan melalui berbagai tindakan baik secara online maupun secara tradisional (Turban & Volonino, 2012). Tujuan utama CRM adalah mendapatkan klien baru, memelihara dan menjaga klien tersebut. Saat ini UAJY belum mempunyai aplikasi Business Intelligence (BI) untuk CRM. Oleh sebab itu, diperlukan analisis dan desain aplikasi BI yang dapat digunakan untuk membantu dalam mengambil keputusan strategis pada level manajemen yang berhubungan dengan mendapatkan calon mahasiswa S1, mempertinggi (enhance) dan retensi mahasiswa S1 melalui analisis dan desain Customer Relationship Management Intelligence Menggunakan OLAP. Analisis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan CRM Intelligence yang sesuai di UAJY. Setelah menganalisis, kemudian membuat desain gudang data dengan Extract Transform Load (ETL) dengan software OLAP. Output berupa analisis dan desain aplikasi BI yang mampu mendeliver indikator-indikator customer yang ingin didapatkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CRM, BI, OLAP
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jun 2016 18:59
Last Modified: 16 Aug 2024 19:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9789

Actions (login required)

View Item View Item