STUDI PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA COLLABORATIVE E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Pradipta, Alexander Benny (2016) STUDI PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA COLLABORATIVE E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF07077.pdf

Download (628kB)
[img] Text (Bab I)
1TF07077.pdf

Download (352kB)
[img] Text (Bab II)
2TF07077.pdf

Download (388kB)
[img] Text (Bab III)
3TF07077.pdf

Download (289kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF07077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (Bab V)
5TF07077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (Bab VI)
6TF07077.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penggunaan Facebook sebagai media collaborative e-learning pada mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Analisa dilakukan melalui kajian mengenai hubungan antar faktor yang mempengaruhi penggunaan Facebook sebagai media collaborative e-learning. Penelitian ini mengadopsi technology acceptance model yaitu model penerimaan teknologi yang telah digunakan dan dipercaya untuk menjelaskan niat penggunaan e-learning. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah niat penggunaan, persepsi manfaat yang dirasakan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap menggunakan sistem, keyakinan diri, norma subyektif, dan fungsionalitas sistem. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa strata satu UAJY. Pengumpulan data telah mengumpulkan 384 responden dari semua program studi UAJY kelas regular. Data yang sudah didapatkan diolah dengan menggunakan SPSS dan dianalisis berdasarkan model persamaan struktural menggunakan AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa norma subyektif dan keyakinan diri memberikan pengaruh positif terhadap penggunaan Facebook sebagai media collaborative elearning. Faktor fungsionalitas sistem tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kunci: collaborative e-learning, Facebook, technology acceptance model
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Jan 2017 07:48
Last Modified: 16 Jan 2017 07:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10962

Actions (login required)

View Item View Item