PERBEDAAN CORPORATE VISIONING ANTARA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SURAKARTA

DEWANTO, ADI NUGROHO (2010) PERBEDAAN CORPORATE VISIONING ANTARA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SURAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM16024.pdf

Download (1813Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM16024.pdf

Download (133Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM16024.pdf

Download (166Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM16024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM16024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316Kb)
[img] Text (Bab V)
5EM16024.pdf

Download (782Kb)

Abstract

Lingkungan bisnis saat ini memiliki karakteristik yang dinamis, kompleks, berkaitan dengan perubahan teknologi, keterbatasan sumber daya, ekonomi global serta perubahan politik yang tidak menentu. Hal ini menyebabkan setiap perusahaan harus dapat melakukan efisiensi dan efektivitas serta memiliki pandangan jauh ke depan. Hal ini berarti suatu perusahaan harus memiliki pandangan jauh kedepan untuk mendukung kesuksesan perusahaan (vision). Dalam tahap perumusan visi, ada enam elemen dalam proses perumusan hingga pelasanaan maupun evaluasi dari visi yaitu: 1) bagaimana perusahaan mendefinisikan visi, 2) bagaimana perusahaan mengembangkan visi, 3) di dalam konteks apa perusahaan mengembangkan visi, 4) kapan perusahaan mengembangkan visi, 5) siapa saja yang terlibat dalam pengembangan visi, 6) bagaimana/cara apa yang digunakan perusahaan dalam mengembangkan visi. Dapat diyakini bahwa ada perbedaan pelaksanaan cara yang digunakan dalam mendesain visi antara perusahaan berskala kecil, menengah dan besar. Hal ini lebih disebabkan karena kepentingan visi itu sendiri bagi semua orang yang terlibat dalam organisasi. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa perusahaan manufaktur berskala kecil dan menengah di kota Surakarta sama-sama mendesain visi perusahaan yang digunakan sebagai acuan perusahaan dalam memandang masa depan. Untuk kebutuhan organisasi yang berbeda, perusahaan manufaktur berskala kecil dan menengah memiliki karakteristik/perilaku yang berbeda dalam menanggapi visi baik dalam hal: mendefinisikan visi, mengembangkan visi, dalam konteks apa perusahaan mengembangkan visi, kapan perusahaan mengembangkan visi, siapa saja yang terlibat dalam pengembangan visi, dan bagaimana/cara apa yang digunakan perusahaan dalam mengembangkan visi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Visi dan perusahaan manufaktur
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 May 2013 11:23
Last Modified: 27 May 2013 11:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item View Item