MOTIVASI MAHASISWA KOMUNIKASI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DALAM MENGGUNAKAN BLOG (Studi Deskriptif Kuantitatif terhadap Motivasi Mahasiswa Komunikasi UAJY dalam Menggunakan Blog)

MANURUNG, ANGGIA DEWI FRANSISKA (2010) MOTIVASI MAHASISWA KOMUNIKASI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DALAM MENGGUNAKAN BLOG (Studi Deskriptif Kuantitatif terhadap Motivasi Mahasiswa Komunikasi UAJY dalam Menggunakan Blog). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM01992.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM01992.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM01992.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
3KOM01992.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Banyak “produk-produk” internet yang begitu menjamur dikalangan masyarakat. Sebut saja friendster, facebook, dan yang terbaru twitter. Salah satu produk internet yang menjamur adalah blog terbukti dengan kenaikan dua kali lipat setiap enam bulan bagi kemunculan blog1. Tren blog ini lalu membawa kepada pertanyaan “mengapa orang ngeblog?”. Blogger, sebutan bagi pengguna blog, tentunya memiliki latar belakang atau motivasi mengapa mereka ngeblog. Li dalam penelitannya menguji tujuh motivasi, yang juga digunakan penulis untuk meneliti motivasi mahasiswa komunikasi UAJY. Motivasi itu berupa Self Documentation, Personal Advancement, Self Expression, Medium Appeal, Information, Passing Time, dan Socialization. Sampel responden penelitian ini diambil secara purposif dari setiap angkatan. Jumlah keseluruhan sampel adalah 89. Penelitian ini hanya mengutarakan secara deskriptif setiap motivasi tanpa mencari korelasi atau hubungan dengan faktor-faktor lain. 89 sampel termotivasi menggunakan blog karena mereka bisa update kapanpun dan dimanapun. Blog juga meningkatkan kreatifitas mereka dan melatih kemampuan menulis. Blog bisa menjadi wadah bagi blogger untuk mengekspresikan diri, berbagi informasi bahkan mengisi waktu luang mereka. Dari blog, blogger juga bisa mendapatkan teman sesama blogger untuk mendiskusikan ketertarikan, hobi, atau isu-isu yang sedang berkembang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2013 10:42
Last Modified: 18 Jun 2013 10:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item