SRATEGI FOTOGRAFI DALAM MEMBENTUK CITRA (Kasus Pada Kalender Universitas Atma Jaya Yogyakarta Tahun 2010)

Sopaheluwakan, Femmy E.P. (2011) SRATEGI FOTOGRAFI DALAM MEMBENTUK CITRA (Kasus Pada Kalender Universitas Atma Jaya Yogyakarta Tahun 2010). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02783.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02783.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02783.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] UNSPECIFIED
3KOM02783.pdf
Restricted to UNSPECIFIED

Download (126kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02783.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil judul Strategi Fotografi dalam Membentuk Citra (Studi Kasus pada Kalender Universitas Atma Jaya Yogyakarta Tahun 2010) yang didasarkan pada kondisi real bahwa semakin ke depan dalam organisasi dibutuhkan citra yang baik demi kelancaran berjalannya organisasi tersebut. Untuk membangun citra tersebut diperlukan cara yang tepat untuk menggambarkan atau menunjukkan aktivitas organisasi kepada publik dan tampak unggul. Metode penelitian yang digunakan dalam laporan skripsi adalah metode kualitatif bersifat dekriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami obyek peneliti. Obyek penelitian skripsi ini adalah strategi fotografi di UAJY dalam membentuk citra di tahun 2010, dengan hanya memaparkan situasi atau peristiwa, tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Paradigma yang harus diubah adalah foto bukan hanya sekedar menekan rana dengan istilah mengambil (take a picture) melainkan foto yang seharusnya adalah dibuat (make a picture). Jika fotografi digunakan menjadi bagian dari bidang kehumasan, butuh perencanaan matang agar upaya pencitraan benar-benar efektif melalui foto. Untuk mencapai itu, sebuah foto bukan dibuat dengan asal-asalan tetapi butuh strategi demi pencapaian citra yang diinginkan. Untuk menjadi sebuah foto yang diinginkan dalam upaya pencitraan sangat diperlukan konsep foto yang berasal dari visi organisasi. Visi tersebut menjadi dasar konsep yang kemudian dapat dikembangkan. Sebuah konsep foto juga takkan lepas dari peran seorang fotografer yang mampu memvisualisasikan konsep tersebut. Strategi fotografi berperan penting dalam kehadiran kehidupan dan spirit di dalam sebuah foto yang dapat dilihat publik, yang menunjukkan citra organisasi tersebut. Untuk mencapai citra yang baik dibutuhkan perencanaan yang melalui tahap-tahap mendefinisikan problem, perencanaan dan melakukan tindakan untuk memvisualisasikan konsep foto. Sedangkan faktorfaktor yang dapat mengangkat citra dari foto kalender UAJY adalah aktivitas, fasilitas, produk dan budaya organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fotografi, strategi fotografi, perencanaan, konsep foto, citra, visi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 13:27
Last Modified: 19 Jun 2013 13:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item