RESPONS ATAS REVIEW PRODUK KOREAN SKINCARE DI FEMALE DAILY

SINDIANA, PARAMITHA (2019) RESPONS ATAS REVIEW PRODUK KOREAN SKINCARE DI FEMALE DAILY. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
KOM 005128.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM 105128.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
KOM 205128.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
KOM 305128.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM 405128.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya teknologi digital saat ini sangat memungkinkan orang untuk melakukan apa saja melalui internet khususnya dalam mencari informasi salah satunya berupa informasi terkait suatu produk kecantikan. Informasi yang dimaksud yakni berupa ulasan atau review terhadap suatu produk yang ditulis oleh orang yang sebelumnya sudah menggunakan produk tersebut. Female Daily merupakan salah satu media online di Indonesia yang khusus menyajikan review beragam produk kecantikan. Kegiatan mencari informasi berupa review suatu produk tentunya akan menghasilkan respons. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana respons dari pengguna Female Daily dalam memanfaatkan review produk skincare khususnya Korean skincare. Penelitian ini menggunakan beberapa teori dengan teori respons sebagai teori utama, teori komunikasi smcr, teori media baru serta online review sebagai teori pendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitiannya yakni empat orang pengguna Female Daily yang juga merupakan beauty blogger. Beauty blogger yang dipilih yakni beauty blogger yang tergabung dalam komunitas Jogja Bloggirls serta pengguna aktif Female Daily. Sesuai dengan hasil penelitian, ditemukan bahwa kegiatan memanfaatkan review produk di Female Daily menimbulkan respons yakni respons kognitif, respons konatif, dan respons afektif. Respons kognitif yakni respons yang berkaitan dengan pengetahuan individu, respons afektif yakni respons yang berkaitan dengan emosi individu, sedangkan respons konatif yakni respons yang berkaitan dengan tindakan individu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Female Daily, Korean Skincare, Online Review, Respons, Skincare.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Apr 2021 13:41
Last Modified: 27 Apr 2021 13:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23833

Actions (login required)

View Item View Item