VIRTUAL AUDIENCE COMMUNITY RADIO DALAM ONLINE SOCIAL MEDIA

Suara, Agus Adi (2011) VIRTUAL AUDIENCE COMMUNITY RADIO DALAM ONLINE SOCIAL MEDIA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03367.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03367.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03367.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03367.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03367.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Interaktivitas merupakan salah satu ciri dari penggunaan online social media di internet. Jumlah pengguna social media yang makin meningkat membuat media konvensional turut memanfaatkan social media untuk lebih leluasa berinteraksi dengan audience . Terbukanya akses ke social media membuat media komunitas seperti Atma Jaya Radio (AJR) menjadi salah satu media yang ikut memanfaatkan social media (Facebook) untuk berbagi segala informasi mengenai AJR seperti aktivitas siaran, topik bahasan setiap program acara, lagu yang diputar, dan tentu saja audience juga bisa dengan leluasa berinteraksi dengan AJR di Facebook. Interaktivitas tersebut menimbulkan penerimaan (reception) yang beragam pada audience yang menyimak secara virtual di Facebook AJR. Penerimaan (reception) inilah yang ingin diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode reception analysis yang bertujuan untuk melihat reception (penerimaan) virtual audience (khalayak maya) melalui interaktivitasnya pada teks akun online social media Facebook Atma Jaya Radio (AJR). Sehingga dapat diketahui bagaimana bentuk-bentuk interaktivitas dengan AJR di Facebook diterima dan dimaknai oleh virtual audience. Pada akhirnya Reception (penerimaan) virtual audience (khalayak maya) melalui interaktivitasnya pada teks akun online social media Facebook Atma Jaya Radio (AJR) adalah tergolong dalam posisi penerimaan negotiated position. Interaktivitas virtual audience pada akun Facebook AJR juga dapat dilihat sebagai sebagai Computer Mediated Communication (CMC) antara radio komunitas dengan virtual audience dalam social media Facebook.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interaktivitas, Radio Komunitas, Social Media, Reception Analysis
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2013 09:26
Last Modified: 21 Jun 2013 09:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item