PENGUNGKAPAN DIRI DALAM KOMUNITAS VIRTUAL (Studi Deskriptif Anggota Komunitas Virtual Motherland dalam Mengungkapkan Diri di Jejaring Sosial Facebook)

Putri, Gabriella Bages (2021) PENGUNGKAPAN DIRI DALAM KOMUNITAS VIRTUAL (Studi Deskriptif Anggota Komunitas Virtual Motherland dalam Mengungkapkan Diri di Jejaring Sosial Facebook). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GABRIELLA BAGES PUTRI)
17 09 06316 1.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06316 2.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06316 3.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
17 09 06316 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img]
Preview
Text
17 09 06316 5.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi yang pernah dilakukan Pew Research, sebesar 81% pengguna Facebook yang aktif adalah kaum ibu yang tergabung dalam komunitas virtual (Syaaf, 2015). Di dalam komunitas virtual, kaum ibu melakukan pengungkapan diri karena adanya kebebasan bagi mereka untuk bercerita tentang segala sesuatu. Jika informasi yang dibagikan terkait masalah pribadi, keluarga, atau rumah tangga maka risiko yang harus dihadapi ialah penyebaran informasi yang cepat dan tidak dapat terkendali hingga dapat berpotensi merusak hubungan (Herlinda, 2015). Berangkat dari fakta tersebut, pengungkapan diri anggota komunitas virtual Motherland diangkat menjadi topik penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana anggota komunitas virtual Motherland dalam mengungkapkan diri di Jejaring Sosial Facebook. Teori yang digunakan merupakan teori pengungkapan diri yang terbagi ke dalam tingkatan pengungkapan diri dalam komunikasi, alasan pengungkapan diri, faktorfaktor yang mempengaruhi pengungkapan diri, dimensi pengungkapan diri, dan manfaat dari pengungkapan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pengungkapan diri anggota Komunitas Motherland melalui tahap menyimak dan adaptasi, membicarakan topik yang sedang ramai dibahas, berpendapat ketika anggota lain bertanya, menceritakan pengalaman pribadi yang dirasakan, serta membangun hubungan lewat personal chat. Alasan pengungkapan diri anggota berkaitan dengan menyingkirkan perasaan gelisah, membantu orang lain, dan membangun hubungan pertemanan. Faktorfaktor yang mempengaruhi pengungkapan diri anggota berkaitan dengan perbedaan karakter, budaya, gender, penerima pesan, dan topik yang diangkat. Dimensi target penerima pesan pengungkapan diri bisa siapapun yang berada di dalam atau luar komunitas Motherland. Dimensi keluasan dan kedalaman pengungkapan diri sebatas membicarakan hal umum dan dalam kondisi terdesak menceritakan perasaan yang sedang dihadapi. dan manfaat dari pengungkapan diri yang dirasakan anggota adalah mendapat perspektif baru, mengurangi beban pikiran, mendapat hubungan pertemanan yang positif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan diri, Komunitas Virtual
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 02 Nov 2021 12:00
Last Modified: 02 Nov 2021 12:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25189

Actions (login required)

View Item View Item