HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM BELAJAR ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Guru, Orang Tua, dan Murid MI Muhammadiyah Parakan dalam Belajar Online Selama Pandemi Covid-19)

Nathania, Liana (2021) HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM BELAJAR ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Guru, Orang Tua, dan Murid MI Muhammadiyah Parakan dalam Belajar Online Selama Pandemi Covid-19). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LIANA NATHANIA)
17 09 06214 1.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06214 2.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06214 3.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
17 09 06214 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img]
Preview
Text
17 09 06214 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat perubahan besar dalam proses belajar dari yang yang semula secara tatap muka menjadi secara jarak jauh menggunakan media internet dan teknologi. Perubahan sistem belajar tentu memunculkan banyaknya hambatan komunikasi yang akan dirasakan baik oleh guru, murid, atau orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan komunikasi dalam sistem belajar online yang dirasakan oleh guru, orang tua, dan murid MI Muhammadiyah Parakan dan apa saja upaya yang dilakukan untuk mengurangi hambatan komunikasi yang muncul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada sepuluh informan yang terdiri dari satu Kepala Madrasah, tiga guru, orang tua, dan murid serta observasi dengan bergabung dengan grup Whatsapp dari setiap kelas yang diampu oleh guru. Proses analisis data menggunakan kerangka teori berupa model komunikasi interaksional, hambatan komunikasi, dan teori Computer Mediated Communication (CMC). Hasil temuan data menunjukkan bahwa proses komunikasi selama sistem belajar online terjadi secara interaksional dimana pengirim dan penerima pesan saling memberikan umpan balik melalui media Whatsapp. Namun, terdapat beberapa jenis hambatan komunikasi yang muncul selama sistem belajar online. Hambatan komunikasi yang muncul dipetakan menjadi dua yaitu dari sisi internal berupa rintangan kerangka berpikir. Sedangkan dari eksternal meliputi hambatan mekanik atau teknis, hambatan semantik, rintangan budaya, serta rintangan fisik dan geografis.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Hambatan Komunikasi, Belajar Online, Madrasah Ibtidaiyah, Pandemi Covid-19
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 22 Nov 2021 10:11
Last Modified: 22 Nov 2021 10:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25400

Actions (login required)

View Item View Item