IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI PT. WIRA BUANA RAYA

PRASETYANI, ANDINE EKA PRASETYANI (2021) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI PT. WIRA BUANA RAYA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANDINE EKA PRASETYANI)
14 09 05246_0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05246_1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
14 09 05246_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
14 09 05246_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
14 09 05246_4.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Iklim komunikasi dapat didefinisikan sebagai gabungan dari persepsi-persepsi suatu evaluasi makro mengenai peristiwa komunikasi, perilaku manusia, respon pegawai terhadap pegawai lainnya, harapan-harapan, konflik-konflik antarpersonal, dan kesempatan bagi pertumbuhan dalam organisasi tersebut. Iklim komunikasi berbeda dengan iklim organisasi, dalam arti iklim komunikasi meliputi persepsi-persepsi mengenai pesan dan peristiwa yang berhubungan dengan pesan yang terjadi dalam organisasi (Pace dan Faules, 2015:147). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui iklim komunikasi organisasi pada karyawan PT. Wira Buana Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Kuesioner sebagai sebuah metode dan instrumen dalam mengumpulkan data-data adalah seperangkat pertanyaan yang ditujukan kepada responden yang menjadi sampel dalam penelitian Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa semua aspek pada iklim komunikasi organisasi di PT. Wira Buana Raya termasuk dalam kategori sedang. Dapat dilihat dari aspek-aspek kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, dukungan, komunikasi, flesibilitas atau otonomi, struktur, standar, tanggung-jawab, pengakuan/ reward dan komitmen (Greenberg dan Baron, 2013; Goldhuber, 1995; Kelner, 2000; Stringer, 2012; Pace dan Fauler, 2015). Hasil penelitian tersebut secara umum memberikan manfaat untuk meningkatkan iklim komunikasi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan aspek kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, dukungan, komunikasi, flesibilitas atau otonomi, struktur, standar, tanggung-jawab, pengakuan/ reward dan komitmen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklim Komunikasi Organisasi, Komunikasi Organisasi, PT. Wira Buana Raya, Event Organizer
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Nov 2021 13:18
Last Modified: 30 Nov 2021 13:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25607

Actions (login required)

View Item View Item