PENGARUH INTENSITAS, KUALITAS, DAN SIKAP ATAS ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI GENERASI Z (Studi Kuantitatif pada Investor Generasi Z di Jawa Barat)

ALVIONITA, FELICIA SARON (2021) PENGARUH INTENSITAS, KUALITAS, DAN SIKAP ATAS ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI GENERASI Z (Studi Kuantitatif pada Investor Generasi Z di Jawa Barat). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FELICIA SARON ALVIONITA)
17 09 06339 0.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06339 1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06339 2.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
17 09 06339 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
17 09 06339 4.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Fenomena maraknya akun Instagram yang membagikan konten informatif seputar investasi memunculkan tren rekomendasi saham oleh influencer dan komunikasi antar investor terkait pengalamannya berinvestasi. Sejalan dengan itu, terdapat peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi semenjak pandemi yang disebabkan oleh pengaruh media sosial dan kemudahan akses informasi terkait investasi. Kondisi tersebut menuju pada suatu fakta bahwa terdapat peningkatan jumlah investor pemula, yang didominasi oleh Generasi Z. Kendati demikian, mayoritas Generasi Z memiliki latar belakang isu, seperti quarter life crisis, calon generasi sandwich, dan kurangnya edukasi keuangan dari keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian untuk menguji pengaruh intensitas melihat e- WOM, kualitas e-WOM, dan sikap atas e-WOM di Instagram terhadap keputusan berinvestasi investor Generasi Z di Jawa Barat. Teori Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Keputusan Pembelian menjadi teori yang digunakan dalam mendukung penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan adalah survei dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Dari total populasi investor Generasi Z di Jawa Barat, peneliti menguji 100 sampel yang didapat dari teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh intensitas melihat e-WOM, kualitas e-WOM, dan sikap atas e-WOM terhadap keputusan berinvestasi investor generasi z di Jawa Barat. Dengan sikap atas e-WOM yang menjadi variabel pengaruh terkuat, serta berbagai latar belakang isu, seperti quarter life crisis, calon generasi sandwich, dan tidak terpenuhinya literasi keuangan yang ikut berkontribusi dalam keputusan berinvestasi responden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Investasi, dan Literasi Keuangan.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Dec 2021 11:59
Last Modified: 03 Dec 2021 11:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25721

Actions (login required)

View Item View Item