PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MUNCULNYA SINDROM FEAR OF MISSING OUT (FOMO) (Studi Kasus Media Sosial TikTok di Kalangan Generasi Z)

Aurelya, Clarissa Helga (2021) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MUNCULNYA SINDROM FEAR OF MISSING OUT (FOMO) (Studi Kasus Media Sosial TikTok di Kalangan Generasi Z). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Clarissa Helga Aurelya)
17 09 06349 0.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06349 1.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06349 2.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
17 09 06349 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
17 09 06349 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap munculnya sindrom Fear of Missing Out (FoMO) di kalangan generasi Z. Objek penelitian yang digunakan, yaitu media sosial TikTok karena merupakan media sosial yang sedang populer di dunia dan di Indonesia dibuktikan dengan pada Agustus 2020, TikTok menduduki peringkat pertama unduhan di Google Play dan App Store, serta Indonesia menjadi negara dengan pengunduh TikTok nomor satu di dunia. Sedangkan, subjek penelitian generasi Z dipilih karena merupakan generasi yang lahir dan tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi, sehingga membuat mereka mahir dan menggandrungi teknologi informasi. Selain itu, mereka juga intens berkomunikasi dan berinteraksi dengan berbagai kalangan, tanpa terbatas melalui media sosial. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif eksplanatif dengan metode survei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria, yaitu termasuk dalam generasi Z kelahiran1995-2003 dan mengakses media sosial TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intensitas penggunaan media sosial berhubungan signifikan dan positif searah terhadap variabel Fear of Missing Out (FoMO). Hal ini terbukti dari hasil uji korelasi dan uji regresi yang menunjukkan tingkat hubungan dan nilai pengaruh sebesar 0.755, serta kontribusi yang diberikan oleh variabel intensitas penggunaan media sosial terhadap variabel Fear of Missing Out (FoMO) sebesar 57%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intensitas penggunaan media sosial, Fear of Missing Out (FoMO)
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 09 Feb 2022 13:50
Last Modified: 09 Feb 2022 13:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26243

Actions (login required)

View Item View Item