KORELASI MOTIF MENONTON DENGAN KEPUASAN MENONTON KONTEN YOUTUBE DI KALANGAN GENERASI Z (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Subscriber Channel YouTube Nihongo Mantappu)

FLENSYANI, IRENE VELLYS (2021) KORELASI MOTIF MENONTON DENGAN KEPUASAN MENONTON KONTEN YOUTUBE DI KALANGAN GENERASI Z (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Subscriber Channel YouTube Nihongo Mantappu). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IRENE VELLYS FLENSYANI)
170906233 0.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906233 1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906233 2.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text
170906233 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img]
Preview
Text
170906233 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

YouTube merupakan salah satu contoh media baru yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan media. Di Indonesia, YouTube merupakan media sosial yang paling banyak digunakan, jumlah youtuber tanah air juga banyak. Jerome Polin merupakan youtuber yang terkenal di bidang pendidikan. Melalui channel YouTube Nihongo Mantappu, Jerome kerap kali membagikan informasi seputar pendidikan dan hiburan. Konten-konten Jerome mendapat berbagai respon dari audiens, terutama pada video pertama Nihongo Mantappu. Ada komentar positif yang berisi dukungan kepada Jerome untuk terus berkarya, namun ada juga komentar negatif yang mengkritik jenis konten yang dibuat oleh Jerome. Respon yang berbeda dari setiap audiens menunjukkan bahwa tingkat kepuasan setiap audiens akan konten media yang dikonsumsi berbeda-beda. Penelitian ini menjelaskan korelasi antara motif dan kepuasan menonton konten YouTube Nihongo Mantappu di kalangan generasi Z dengan metode survei kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 204 orang subscriber YouTube Nihongo Mantappu. Teori utama yang digunakan adalah uses and gratification model nilai harapan Palm Green. Model teori ini membahas mengenai gratification sought (motif menonton) dan gratification obtained (kepuasan menonton) yang dimiliki audiens ketika mengonsumsi suatu media komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi positif antara motif menonton dengan kepuasan menonton. Artinya saat tingkat dorongan mengonsumsi media mengalami kenaikan, maka tingkat rasa puas yang didapatkan generasi Z juga akan mengalami kenaikan, begitu pula sebaliknya. Kepuasan menonton subscriber YouTube Nihongo Mantappu telah terpenuhi pada dimensi informasi serta dimensi integrasi dan interaksi sosial karena nilai kepuasan menonton dari dua dimensi ini lebih besar dari pada nilai motifnya. Sementara kepuasan menonton dimensi identitas personal dan dimensi hiburan belum terpenuhi, karena nilai kepuasan menonton dari kedua dimensi lebih kecil dari pada nilai motif menontonnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: YouTube, Generasi Z, Motif Menonton, Kepuasan Menonton, Uses andGratification, dan Nihongo Mantappu
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Feb 2022 09:31
Last Modified: 15 Feb 2022 09:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26319

Actions (login required)

View Item View Item