PENGARUH PENGALAMAN WISATA YANG BERKESAN TERHADAP NIAT BERWISATA MELALUI PERAN MEDIASI KEPUASAN PENGUNJUNG DI SITUS WARISAN BUDAYA CANDI PRAMBANAN

Prasetyo, Deniska Adi (2022) PENGARUH PENGALAMAN WISATA YANG BERKESAN TERHADAP NIAT BERWISATA MELALUI PERAN MEDIASI KEPUASAN PENGUNJUNG DI SITUS WARISAN BUDAYA CANDI PRAMBANAN. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Deniska Adi Prasetyo)
205003329_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
205003329_Bab 1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205003329_Bab 2.pdf

Download (959kB) | Preview
[img] Text
205003329_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
205003329_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
205003329_Bab 5.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman wisata yang berkesan terhadap niat berwisata melalui peran mediasi kepuasan pengunjung di situs warisan budaya Candi Prambanan. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel valid berjumlah 255 kuesioner. Responden tersebut dipilih berdasarkan kriteria tertentu yaitu pernah melakukan minimal 3 kali kunjungan ke Candi Prambanan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (SmartPLS 3.3.3). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menunjukkan bahwa komponen MTE yang berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung adalah komponen hedonisme, keterlibatan, budaya lokal dan kebermaknaan. Selanjutnya, komponen MTE yang berpengaruh langsung secara positif terhadap niat berkunjung kembali adalah komponen hedonisme dan kebaruan. Adapun komponen MTE yang berpengaruh langsung secara positif terhadap niat WOM adalah komponen hedonisme, keterlibatan, pengetahuan, kebermaknaan, dan kebaruan. Kemudian hasil uji hipotesis pengaruh langung menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung berpengaruh secara signifikan terhadap niat berkunjung kembali dan niat WOM. Selain itu, hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung melalui mediasi kepuasan pengunjung empat komponen MTE yang berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali dan niat WOM yaitu komponen hedonisme, budaya lokal, kebermaknaan dan keterlibatan. berpengaruh secara positif dan signifikan tehadap city brand experience..

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: MTE, Niat Berkunjung Kembali, Niat WOM, Candi Prambanan
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Sep 2022 11:16
Last Modified: 21 Sep 2022 11:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27482

Actions (login required)

View Item View Item