PENGARUH INTENSITAS MENONTON FILM PADA PLATFORM LAYANAN STREAMING NETFLIX TERHADAP MINAT MENONTON FILM DI BIOSKOP (Studi Kuantitatif Eksplanatif dengan Metode Survei pada Masyarakat Umum Usia 18-25 Tahun di Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

KURNIAWAN, NICHOLAS FEBY (2022) PENGARUH INTENSITAS MENONTON FILM PADA PLATFORM LAYANAN STREAMING NETFLIX TERHADAP MINAT MENONTON FILM DI BIOSKOP (Studi Kuantitatif Eksplanatif dengan Metode Survei pada Masyarakat Umum Usia 18-25 Tahun di Kabupaten Sleman, Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NICHOLAS FEBY KURNIAWAN)
180906734 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906734 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906734 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180906734 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906734 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh intensitas menonton film pada platform layanan streaming Netflix terhadap minat menonton film di bioskop. Permasalahan ini diangkat dari isu maraknya platform layanan streaming film khususnya Netflix, yang menunjukkan peningkatan pesat selama masa pandemi Covid-19. Pengambilan subjek masyarakat umum usia 18-25 tahun didasarkan pada survei preferensi usia terbanyak penonton film di bioskop dan pembatasan usia pengguna Netflix. Selain itu, Kabupaten Sleman juga dipilih karena heterogenitas masyarakat yang tinggi. Peneliti menggunakan teori uses and gratifications dan konsep konsumen media untuk memperjelas hubungan kedua variabel ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif dengan metode survei melalui google form yang menyasar 100 orang responden. Dalam penelitian ini, uji validitas, reliabilitas, dan data hasil penelitian diuji menggunakan IBM SPSS Statistics versi 25.0. Untuk teknik analisis yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat menonton film di bioskop dipengaruhi sebesar 46,8% oleh intensitas menonton film di Netflix dan sifat hubungannya bernilai positif. Kedua variabel juga berada pada kategori tinggi, dengan variabel X yaitu intensitas menonton memperoleh hasil sebesar 72,9%, dan variabel Y yaitu minat menonton memperoleh hasil sebesar 75,1%. Selain itu, hubungan kedua variabel juga bersifat kuat, dilihat dari hasil nilai korelasi yang didapat yaitu sebesar 0,684.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menonton, Minat Menonton, Platform Streaming Film, Bioskop, Netflix.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Nov 2022 14:09
Last Modified: 15 Nov 2022 14:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27940

Actions (login required)

View Item View Item