KREDIBILITAS IKO UWAIS SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER ELEMENT BIKE (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Followers Instagram @Elementbikeid)

Pramadhani, Aruna (2023) KREDIBILITAS IKO UWAIS SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER ELEMENT BIKE (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Followers Instagram @Elementbikeid). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aruna Pramadhani)
180906558 0.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906558 1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906558 2.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
180906558 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img]
Preview
Text
180906558 4.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Dalam lingkup pemasaran, media sosial menjadi cara yang paling efektif dalam memasarkan suatu produk. Strategi pemasaran yang biasa digunakan adalah iklan dengan menggunakan celebrity endorser. Salah satu brand yang menggunakan startegi iklan dengan menggunakan celebrity endorser adalah Element Bike. Element Bike menjadikan Iko Uwais sebagai celebrity endorser untuk mengiklankan produknya. Hal yang membuat penelitian menarik untuk diteliti, yaitu dengan latar belakang Iko Uwais sebagai aktor laga dan atlet pencak silat, namun perusahaan Element Bike tetap menggunakan jasa dari Iko Uwais walaupun kurang memiliki relevansi dan pengalaman.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kredibilitas Iko Uwais sebagai celebrity endorser Element Bike. Jenis penilitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode yaitu survei. Penelitian ini dibantu oleh 100 responden yang telah sesuai dengan kriteria responden yang dibutuhkan yaitu followers Instagram @elementbikeid. Dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua teori yaitu komunikasi pemasaran dan celebrity endorser. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Iko Uwais memiliki kredibilitas yang tinggi. Hal tersebut didukung oleh hasil nilai mean dari total variabel kredibilitas. Hasil nilai mean total kredibilitas memiliki hasil 37,26 atau berada dalam kategori tinggi. Selain itu seacara lebih mendalam kredibilitas Iko Uwais dapat dilihat pada nilai mean dari tiga dimensi kredibilitas yaitu, daya tarik, keterpercayaan dan kehlian. Dimensi daya tarik mendapatkan nilai mean sebesar 3,1 atau berada dalam kategori tinggi artinya, dimensi keterpercayaan mendaptkan nilai mean sebesar 3,11 atau berada dalam kategori tinggi, dan dimensi keahlian mendapatkan nilai mean yaitu sebesar 3,09 atau berada dalam kateggori tinggi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu memeperhatikan variabel lain sehingga dapat dilakukan uji pengaruh. Kedapannya Element Bike diharpakan mampu memperhatikan segmentasi followersnya yang di dominasi oleh laki-laki (58%) dengan rentang umur 17-22 tahun atau remaja (33%) dan rentang umur 41- 60 tahun (30%). Agar strategi komunikasi dari Element Bike sesuai dengan mayoritas umur dan jenis kelamin followers Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Celebrirty Endorser, Kredibilitas Sumber
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 12 May 2023 21:03
Last Modified: 12 May 2023 21:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29000

Actions (login required)

View Item View Item