STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AMIGO KLATEN PADA MASA PANDEMI COVID-19

WIDYANTONO, ADHETYA RYAN (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AMIGO KLATEN PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ADHETYA RYAN WIDYANTONO)
180906585 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906585 1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906585 2.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
180906585 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906585 4.pdf

Download (865kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Amigo Klaten selama masa pandemi COVID-19. Selain berdampak pada penurunan omset hingga 50%, pandemi COVID-19 juga merubah strategi komunikasi pemasaran Amigo Klaten yang banyak menggunakan metode konvensional dan media offline. Bauran komunikasi pemasaran seperti iklan melalui radio RSPD Klaten, penyebaran brosur dari satu desa ke desa lain, dan penawaran produk kepada pelanggan di toko, serta pemasaran berbentuk Telemarketing kepada para pelanggan harus berubah karena adanya kebijakan pembatasan sosial selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga informan dimana dua informan di posisi marketing dan satu informan sebagai pemimpin toko. Hasil dari penelitian yang didapatkan menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Amigo Klaten selama pandemi berubah menjadi lebih aktif dalam menggunakan media online. Seperti contohnya periklanan melalui portal berita di Instagram, pemberian diskon dan voucher yang disebarkan melalui media sosial Instagram dan WA, dan melakukan pemasaran langsung dengan memanfaatkan beragam fitur Instagram dan WA. Beragam bauran pemasaran tersebut juga telah dijalankan dengan mengikuti strategi komunikasi yang terdiri dari beberapa tahapan seperti memilih dan menetapkan komunikator, menetapkan target sasaran dan analisis khalayak, teknik menyusun pesan, dan memilih media dan saluran komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi, COVID-19
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 16 May 2023 19:55
Last Modified: 16 May 2023 19:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29020

Actions (login required)

View Item View Item