PENGARUH PESAN KAMPANYE LINGKUNGAN DALAM UNGGAHAN INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN SIKAP HIDUP BERKELANJUTAN (Studi pada Pengikut Akun Instagram @demibumi.id)

Fitriana, Elizabeth Sheila (2023) PENGARUH PESAN KAMPANYE LINGKUNGAN DALAM UNGGAHAN INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN SIKAP HIDUP BERKELANJUTAN (Studi pada Pengikut Akun Instagram @demibumi.id). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Elizabeth Sheila Fitriana)
180906659 0.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906659 1.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906659 2.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text
180906659 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
180906659 4.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Perubahan iklim telah menjadi ancaman nyata bagi Bumi. Berbagai permasalahan timbul, mulai dari masalah kesehatan, bencana alam, hingga permasalahan serius lainnya karena eksploitasi energi dan sumber daya alam oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan penduduk. Namun, permasalahan ini sejatinya telah diperingatkan oleh para ahli yang tegabung dalam Brundtland Commission, untuk mengimbau berbagai negara agar mulai menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Hingga pada akhirnya pada tahun 2015 Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk Indonesia pun mulai mengadopsi Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (The 2030 Agenda for Sustainable Development). Sayangnya, hingga saat ini, Indonesia masih memiliki berbagai persamahalan lingkungan mulai dari sampah tidak terolah, penumpukan sampah plastik hingga bermuara ke laut, sampah makanan yang menggunung dan berbagai permasalahan lain karena kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak dari setiap kegiatannya dan kesadaran mememulai gaya hidup berkelanjutan. Melihat hal ini, terdapat satu brand Indonesia, Demi Bumi yang mengusung gaya hidup berkelanjutan dan secara aktif bergerak mengampanyekan kesadaran untuk mulai hidup berkelajutan melalui media sosial Instagram. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melihat pengaruh pesan kampanye lingkungan dalam unggahan Instagram terhadap perubahan sikap hidup berkelanjutan khususnya perubahan sikap pada followers @demibumi.id dilihat melalui teori Elaboration Likelihood Model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif deskriptif dengan metode pengumpulan dari melalui survei kuesioner (Google Form) yang disebarkan melalui direct message Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pesan kampanye lingkungan dalam unggahan Instagram terhadap perubahan sikap hidup berkelanjutan. Hal ini ditunjukkan dengan uji korelasi dengan nilai 0,626 yang berarti antar variabel memiliki hubungan yang cukup berarti dan uji regresi menunjukkan Y=6921 + 0,904X yang berarti bila pesan kampanye lingkungan Demi Bumi meningkat, berati meningkat pula perubahan sikap followers. Penelitian ini pun menunjukkan bahwa followers @demibumi.id dengan hati-hati memikirkan argumen yang diberikan oleh Demi Bumi dan mampu berelaborasi dengan pesan yang disampaikan sehingga followers Demi Bumi dapat dikatakan merespon pesan melalui rute sentral dalam teori Elaboration Likelihood Model.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pesan Kampanye Lingkungan, Elaboration Likelihood Model, Perubahan Sikap, Gaya Hidup Berkelanjutan
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 19 May 2023 17:35
Last Modified: 19 May 2023 17:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29048

Actions (login required)

View Item View Item