CITRA DIRI BIARAWATI DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Akun TikTok @ruth_fch)

HIA, GITA ARYANTA (2023) CITRA DIRI BIARAWATI DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Akun TikTok @ruth_fch). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GITA ARYANTA HIA)
180906701 0.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906701 1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906701 2.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
180906701 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img]
Preview
Text
180906701 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Biarawati dengan konsep hidup menyepi dan tenang, pada era digital ini mengakses media sosial TikTok yang merupakan sarana hiburan. Hal ini menimbulkan reaksi positif dan negatif dari khalayak terutama reaksi yang mempertanyakan relevansi hidup selibat. Reaksi tersebut berkaitan juga dengan fenomena yang yang menyebar di media sosial terkait kejahatan seksual yang terjadi di lingkungan Gereja Katolik. Hal tersebut menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra diri biarawati dalam akun TikTok @ruth_fch. Peneliti memilih objek akun TikTok @ruth_fch karena aplikasi TikTok merupakan aplikasi yang baru dan banyak diminati di Indonesia serta akun @ruth_fch merupakan akun kaum selibat yang terbanyak pengikutnya dan beberapa kali viral dengan topik bahasan tentang selibater. Penelitian ini didasari pendapat Brown (1998) terkait citra diri yang dalam pandangannya dijelaskan meliputi dua aspek pembentuk diantaranya dunia fisik (physical world) dan dunia sosial atau sikap (social world). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei terhadap 400 responden yaitu pengikut akun TikTok @ruth_fch sebagai sampel yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian telah melalui uji validitas dan reliabilitas melalui 30 responden. Instrumen yang reliabel dan valid kemudian dibagikan melalui link dan barcode Google Form. Kemudian data yang telah diperoleh diolah menggunakan Statistical Pacage for Social Science (SPSS) versi 23.0. Data dideskripsikan dengan distribusi frekuensi dan dianalisis menggunakan nilai rata-rata. Hasil penelitian membuktikan bahwa citra diri biarawati termasuk pada kategori tinggi dalam penilaian responden saat ditinjau dari identitas responden yaitu jenis kelamin, agama, daerah asal, dan tingkat usia. Hal tersebut dibuktikan dari nilai mean untuk setiap total jawaban berdasarkan identitasnya berada pada nilai di antara 136,67 hingga 205. Selain itu, Citra diri biarawati pada setiap dimensinya yaitu dunia fisik dan dunia sosial (sikap) termasuk pada kategori tinggi. Hal ini dibuktikan dari nilai mean setiap dimensi yang berada diantara 1,33 hingga 2 dan 3,33 hingga 5.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra Diri, Biarawati, TikTok
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 19 May 2023 18:51
Last Modified: 19 May 2023 18:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29056

Actions (login required)

View Item View Item