PENGARUH CLICKBAIT DI MEDIA DARING TRIBUNNEWS.COM TERHADAP TINGKAT KONSUMSI BERITA (Studi Kuantitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Usia 18-25 tahun)

DA COSTA, MARIA ANGGELINA (2023) PENGARUH CLICKBAIT DI MEDIA DARING TRIBUNNEWS.COM TERHADAP TINGKAT KONSUMSI BERITA (Studi Kuantitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Usia 18-25 tahun). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MARIA ANGGELINA DA COSTA)
190907052 0.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907052 1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907052 2.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
190907052 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190907052 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Clickbait di Media Daring Tribunnews.com Terhadap Tingkat Konsumsi Berita (Studi Kuantitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Usia 18-25 tahun). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2019. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh clickbait di media daring Tribunnews.com terhadap tingkat konsumsi berita pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY usia 18-25 tahun. Clickbait menjadi salah satu cara yang digunakan oleh media daring Tribunnews.com untuk menarik perhatian pembaca agar mengklik berita. Fenomena clickbait ini menarik diteliti karena meskipun clickbait melanggar kode etik jurnalistik, masyarakat Indonesia banyak yang mengkonsumsi berita dari media daring. Peneliti menggunakan teori proses selektif untuk menganalisisnya. Teori ini menjelaskan bahwa audiens yang termotivasi dalam isu tertentu cenderung mengonsumsi media yang relevan isu tersebut dan memproses informasi yang relevan dengan isu yang disajikan oleh media tersebut. Hal ini dapat dilihat berdasarkan responden yang termotivasi atau tidak dalam mengonsumsi berita clickbait di Tribunnews.com Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh clickbait di Tribunnews.com terhadap tingkat konsumsi berita mahasiswa. Hal ini dikarenakan karena tingkat pengaruhnya sangat kecil yaitu sebesar 0,6% sedangkan 99,4% tingkat konsumsi berita mahasiswa dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: clickbait, konsumsi berita, Tribunnews.com, media daring.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 30 Jun 2023 18:39
Last Modified: 30 Jun 2023 18:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29205

Actions (login required)

View Item View Item