PERANCANGAN "WELLNESS THERAPY RETREAT" SEBAGAI PUSAT "SELF-HEALING" WISATAWAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR "HEALING ENVIRONMENT"

Erdianti, Olvine (2023) PERANCANGAN "WELLNESS THERAPY RETREAT" SEBAGAI PUSAT "SELF-HEALING" WISATAWAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR "HEALING ENVIRONMENT". S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Olvine Erdianti)
190117805_0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117805_1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117805_2.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117805_3.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
190117805_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
190117805_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Wellness tourism merupakan kegiatan wisata dengan pengalaman wisata kesehatan baik fisik maupun psikis. Wellness tourism sendiri telah ada sejak dulu dan telah diterapkan oleh beberapa negara semenjak lebih dari 10 tahun yang lalu. Semenjak beberapa tahun yang lalu, wellness tourism mulai masuk ke Indonesia, diawali oleh pulau Bali. Menurut kemenparekraf, wellness tourism dapat menjadi kunci pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia semenjak 2 tahun lebih terhenti akibat pandemi. Saat ini, kemenparekraf sendiri tengah merencanakan pengembangan wellness tourism di Jogja, Solo, dan Semarang. Di Solo khususnya pada kabupaten Karanganyar yang memiliki potensi alam dan kondisi atmosfer yang mendukung pengembangan wellness tourism. Kabupaten Karanganyar terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya kawasan Kabupaten Karanganyar Utara yang memiliki banyak wisata alam yang dapat mendukung kegiatan wellness therapy untuk self – healing wisatawan. Wellness therapy yang didukung oleh lingkungan alam dapat menjadi upaya self-healing bagi wisatawan karena adanya hubungan antara elemen alam dengan pikiran manusia yang disebut dalam istilah “Nature Relatedness”. Dalam sisi arsitektur, terdapat pendekatan arsitektur healing environment yang menghubungkan penyembuhan manusia dengan lingkungan alam sekitar pada objek Wellness Therapy Retreat. Untuk menyembuhkan psikologis manusia, maka diperlukan waktu luang untuk mengundurkan diri sejenak dari padatnya kehidupan sehari-hari (retreat), untuk mendukung hal tersebut maka aktivitas utama yang diangkat pada objek ialah berbagai jenis kegiatan terapi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: wellness tourism, retreat, therapy, healing, arsitektur healing environment
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jul 2023 17:09
Last Modified: 06 Jul 2023 21:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29255

Actions (login required)

View Item View Item