KEPUASAN MENGAKSES AKUN TIKTOK @vmuliana (Studi Motif dan Kepuasan Pada Followers dalam Mengakses Akun TikTok @vmuliana)

GINTING, SHARON APRILIA PUTRI (2023) KEPUASAN MENGAKSES AKUN TIKTOK @vmuliana (Studi Motif dan Kepuasan Pada Followers dalam Mengakses Akun TikTok @vmuliana). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SHARON APRILIA PUTRI GINTING)
16 09 05955 0.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 05955 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 05955 2.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
16 09 05955 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
16 09 05955 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media sosial merupakan manifestasi dari media baru yang saat ini banyak diakses khalayak. Salah satu dari jenis media sosial yang saat ini diakses adalah TikTok. Konten video TikTok tidak melulu hiburan, tapi ada yang bersifat edukatif. Vina Muliana atau @vmuliana merupakan konten kreator TikTok yang memproduksi konten informatif untuk memberikan edukasi tentang karier yang disambut antusias oleh khalayak. Alasan di balik respon khalayak atas konten video edukasi karier pada akun @vmuliana menarik diketahui lebih lanjut. Maka penelitian ini bertujuan mengetahui kepuasan followers dalam mengakses akun TikTok @vmuliana. Data dihimpun dari 400 orang responden yang merupakan pengguna aktif TikTok, mengikuti akun TikTok @vmuliana, dan berusia 18-34 tahun. Analisis dilakukan menggunakan teori uses and gratifications dan expectancy-values. Teori uses and gratifications digunakan untuk mengidentifikasi motif yang mewakili alasan khalayak menggunakan media tertentu. Sementara, kepuasan followers diukur menggunakan konsep gratifications sought dan gratifications obtained dari teori expectancy-values. Penelitian ini menemukan motif followers terdiri dari information seeking, convenience utility, expression of opinions, documentation, social interaction, communicatory utility, information sharing, dan relaxation. Hasil uji mean dan analisis pada masingmasing kategori gratifications dan gratifications obtained menunjukkan bahwa followers tidak puas dalam mengakses akun TikTok @vmuliana. Dari kedelapan kategori, hanya expression of opinions yang berhasil terpuaskan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TikTok, Motif, Kepuasan, Uses and Gratifications, Gratifications Sought, Gratifications Obtained
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 Aug 2023 21:45
Last Modified: 10 Aug 2023 21:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29445

Actions (login required)

View Item View Item