GINTING, SHARON APRILIA PUTRI (2023) KEPUASAN MENGAKSES AKUN TIKTOK @vmuliana (Studi Motif dan Kepuasan Pada Followers dalam Mengakses Akun TikTok @vmuliana). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (SHARON APRILIA PUTRI GINTING)
16 09 05955 0.pdf Download (984kB) | Preview |
|
|
Text
16 09 05955 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
16 09 05955 2.pdf Download (504kB) | Preview |
|
Text
16 09 05955 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
16 09 05955 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Media sosial merupakan manifestasi dari media baru yang saat ini banyak diakses khalayak. Salah satu dari jenis media sosial yang saat ini diakses adalah TikTok. Konten video TikTok tidak melulu hiburan, tapi ada yang bersifat edukatif. Vina Muliana atau @vmuliana merupakan konten kreator TikTok yang memproduksi konten informatif untuk memberikan edukasi tentang karier yang disambut antusias oleh khalayak. Alasan di balik respon khalayak atas konten video edukasi karier pada akun @vmuliana menarik diketahui lebih lanjut. Maka penelitian ini bertujuan mengetahui kepuasan followers dalam mengakses akun TikTok @vmuliana. Data dihimpun dari 400 orang responden yang merupakan pengguna aktif TikTok, mengikuti akun TikTok @vmuliana, dan berusia 18-34 tahun. Analisis dilakukan menggunakan teori uses and gratifications dan expectancy-values. Teori uses and gratifications digunakan untuk mengidentifikasi motif yang mewakili alasan khalayak menggunakan media tertentu. Sementara, kepuasan followers diukur menggunakan konsep gratifications sought dan gratifications obtained dari teori expectancy-values. Penelitian ini menemukan motif followers terdiri dari information seeking, convenience utility, expression of opinions, documentation, social interaction, communicatory utility, information sharing, dan relaxation. Hasil uji mean dan analisis pada masingmasing kategori gratifications dan gratifications obtained menunjukkan bahwa followers tidak puas dalam mengakses akun TikTok @vmuliana. Dari kedelapan kategori, hanya expression of opinions yang berhasil terpuaskan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TikTok, Motif, Kepuasan, Uses and Gratifications, Gratifications Sought, Gratifications Obtained |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 21:45 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 21:45 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29445 |
Actions (login required)
View Item |