PENGARUH INTENSITAS MENONTON DRAMA KOREA START-UP TERHADAP MINAT BEKERJA DI PERUSAHAAN RINTISAN (Studi Kuantitatif pada Pengikut Akun Twitter @k_dramaindo_)

HARDANIK, FELICIA PRISKA (2023) PENGARUH INTENSITAS MENONTON DRAMA KOREA START-UP TERHADAP MINAT BEKERJA DI PERUSAHAAN RINTISAN (Studi Kuantitatif pada Pengikut Akun Twitter @k_dramaindo_). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FELICIA PRISKA HARDANIK)
16 09 05991 0.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 05991 1.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 05991 2.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
16 09 05991 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
16 09 05991 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perubahan media massa konvensional menjadi media digital membentuk pola baru bagi masyarakat. Masyarakat menjadi memiliki kontrol akan tayangan yang ingin dilihatnya termasuk ketika mereka melihat tayangan drama Korea melalui video streaming. Akses yang mudah dan bebas bagi penontonnya memberikan pengaruh pada intensitas menonton seseorang terhadap suatu tayangan. Pengaruh intensitas menonton ini akan memunculkan minat bagi penontonnya, sehingga membentuk sebuah tindakan untuk melakukan suatu hal yang dapat mendorong seseorang untuk mengambil keputusan tertentu. Drama Korea menjadi salah satu tayangan yang dapat memberikan pengaruh bagi penontonnya termasuk memunculkan minat bekerja bagi penontonnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh intensitas menonton drama Korea Start-Up terhadap minat bekerja di perusahaan rintisan pengikut akun twitter @k_dramaindo_. Intensitas menonton diukur melalui frekuensi, durasi, dan atensi. Sedangkan minat bekerja diukur dari aspek kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian berjumlah 100 orang dari pengikut @k_dramaindo_ yang berusia 18-24 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekplanatif dan menggunakan uji korelasi serta regresi linear sederhana untuk membuktikan hipotesis. Hasil data penelitian ini dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan memperoleh hasil bahwa variabel intensitas menonton drama Korea Start-Up memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat bekerja seseorang di perusahaan rintisan. Presentase variabel intensitas menonton drama Korea Start Up dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap minat bekerja seseorang di perusahaan rintisan sebesar 18,4%, sedangkan 81,6% pengaruh lainnya diberikan oleh variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menonton, Perusahaan Rintisan, Minat Bekerja
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 Aug 2023 19:00
Last Modified: 11 Aug 2023 19:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29456

Actions (login required)

View Item View Item