MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS FACEBOOK BNPB (Studi Deskriptif Kuantitatif Motif dan Kepuasan Followers Facebook BNPB Mengenai Informasi Penanganan COVID-19)

PERTIWI, NADA (2023) MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS FACEBOOK BNPB (Studi Deskriptif Kuantitatif Motif dan Kepuasan Followers Facebook BNPB Mengenai Informasi Penanganan COVID-19). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NADA PERTIWI)
17 09 06460 0.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06460 1.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06460 2.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text
17 09 06460 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
17 09 06460 4.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Fungsi media sosial semakin banyak digunakan oleh khalayak untuk mencari informasi. BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) merupakan lembaga pemerintah yang memanfaatkan media sosial untuk membagikan informasi terkait bencana. Peneltian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kesenjangan motif dan kepuasan followers Facebook BNPB mengenai informasi penanganan COVID- 19. Teori yang digunakan di dalam penelian yakni teori Uses and Gratifications dan menggunakan konsep mengukur kepuasan Gratification Sought dan Gratification Obtained. Uses and Gratifications berpendapat bahwa khalayak secara aktif mencari dan menggunakan media tertentu untuk memenuhi kebutuhannya dan mendapatkan kepuasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode berupa survey. Populasi penelitian merupakan followers BNPB yang berjumlah dua juta pengikut dengan sampel berjumlah 100 responden yang didapatkan menggunakan rumus penghitungan Slovin. Skala yang digunakan merupakan skala Likert. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian yakni dengan melakukan perbandingan mean. Hasil penelitian menunjukan ada kesenjangan antara motif dan kepuasan followers Facebook BNPB mengenai informasi penanganan COVID-19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Followers, Facebook, Motif, Kepuasan.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 22 Aug 2023 16:13
Last Modified: 22 Aug 2023 16:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29536

Actions (login required)

View Item View Item