DINAMIKA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA LUMICOS DALAM MENCAPAI TUJUAN PERUSAHAAN

Perdana, Megi Cahya (2023) DINAMIKA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA LUMICOS DALAM MENCAPAI TUJUAN PERUSAHAAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Megi Cahya Perdana)
160906110 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906110 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906110 2.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
160906110 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
160906110 4.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang memerlukan hidup berkelompok dan saling berinteraksi satu sama lain. Hal tersebut membuat terciptanya komunikasi kelompok yang memungkinkan masing-masing individu akan terlibat dalam proses komunikasi sesuai dengan peran dan kedudukannya dalam kelompok, salah satunya organisasi (Wijaya, 2019). Salah satu organisasi tersebut adalah Lumicos, gensi yang berfokus di bidang jasa multimedia dan dokumentasi dalam industri M.I.C.E (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition). Sebagai sebuah organisasi dalam bentuk perusahaan tentu Lumicos memiliki dinamika komunikasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, serta pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan menghasilkan data bahwa Lumicos sebagai perusahaan terstruktur memiliki proses interaksi melalui komunikator, pesan, media, pengartian kode, komunikan, dan respon. Lumicos menggunakan komunikasi lintas saluran karena dengan sifat komunikasi organisasi yang terbuka maka tidak ada perbedaan antara atasan dengan bawahan sehingga seluruh karyawan dapat berbagi informasi dengan individu yang tidak menduduki posisi atasan maupun bawahannya, sehingga melewati garis fungsional serta berkomunikasi dengan orang-orang yang diawasi dan yang mengawasi selain atasan atau bawahannya. Lumicos memiliki dinamika komunikasi yang terbentuk dengan adanya tujuh konsep komunikasi organisasi, yaitu (1) Proses, ketika adanya individu yang menciptakan dan bertukar informasi berbentuk brief keinginan client, evaluasi ataupun cerita antar karyawan. (2) Pesan, yang berupa brief pembagian tugas, penyampaian deadline pekerjaan, revisi dari client, catatan evaluasi, serta arahan penyampaian peraturan ketika bekerja di lapangan sekaligus pemberian informasi mengenai pemakaian alat ketika bekerja. (3) Jaringan, ketika Lumicos memiliki struktur organisasi dengan perbedaan jobdesc yang diberikan. Beberapa jabatan tersebut meliputi direktur, editor foto, editor video, admin hingga freelance. (4) Saling tergantung karena antar karyawan di Lumicos yang saling bergantung untuk menyelesaikan proyek atau tugas di Lumicos. (5) Hubungan yang berawal dari hubungan antar karyawan hingga hubungan Lumicos dengan klien. (6) Lingkungan yang berkaitan dengan karyawan, kantor beserta fasilitas, alat-alat yang dibutuhkan untuk bekerja, serta klien dan keperluan masing-masing project, dan (7) Ketidakpastian berupa hambatan dalam suatu proses komunikasi organisasi, seperti salah persepsi, miscommunication, timeline deadline, perubahan brief, hingga komunikasi dengan klien

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dinamika Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Tujuan.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 31 Aug 2023 15:40
Last Modified: 31 Aug 2023 15:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29681

Actions (login required)

View Item View Item