KORELASI ANTARA TINGKAT LITERASI MEDIA DAN SIKAP SKEPTIS PADA MAHASISWA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN MODEL LITERASI MEDIA POTTER

DANARTA, YOHANES YUDHISTIRA (2023) KORELASI ANTARA TINGKAT LITERASI MEDIA DAN SIKAP SKEPTIS PADA MAHASISWA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN MODEL LITERASI MEDIA POTTER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (YOHANES YUDHISTIRA DANARTA)
160906127 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906127 1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906127 2.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
160906127 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
160906127 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penetrasi penggunaan internet dan media baru oleh warga Indonesia ini berbanding lurus dengan aktifnya masyarakat dalam memproduksi konten ataupun berkicau di media sosial. Permasalahannya adalah tidak semua informasi yang beredar di media merupakan informasi yang terbukti kebenarannya atau malah ada informasi sengaja diberitakan secara palsu atau istilahnya hoaks. Cara efektif untuk menangkal informasi yang terpolarisasi tersebut adalah dengan membangun literasi media. Literasi media memberikan panduan bagaimana khalayak dapat mengambil kontrol atas informasi yang disediakan oleh media. Semakin media literate seseorang, maka semakin mampu orang tersebut melihat pembatas antara dunia nyata dengan dunia yang dikonstruksikan oleh media. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada korelasi antara tingkat literasi media dan sikap skeptis pada mahasiswa Yogyakarta menggunakan model literasi Potter. Teori yang digunakan dalam peneltian ini adalah cognitive media literacy oleh James W. Potter yang membahas mengenai keterlibatan lokus personal dalam literasi media. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel dari penelitian ini adalah Mahasiswa yang masih berkuliah di Yogyakarta yang berjumlah 100 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan 27 pertanyaan, yang telah diuji baik validitas maupun reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan antara literasi media mahasiswa Yogyakarta dengan sikap skeptis serta kedua variabel ini berkolerasi positif ; (2) Tingkat literasi media mahasiswa Yogyakarta berada dalam kategori tinggi ; (3) Sikap Skeptis mahasiswa berada di tingkat yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: literasi media, lokus personal, lokus personal
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 31 Aug 2023 16:26
Last Modified: 31 Aug 2023 16:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29684

Actions (login required)

View Item View Item