Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Fisip_UAJY dalam Menyebarkan Informasi kepada Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi FISIP UAJY

ENDRAYATI, GALUH (2023) Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Fisip_UAJY dalam Menyebarkan Informasi kepada Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi FISIP UAJY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GALUH ENDRAYATI)
170906424 0.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906424 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906424 2.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
170906424 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
170906424 4.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Perkembangan IPTEK yang kian hari semakin maju memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat saat ini untuk berkomunikasi dan mengakses informasi. Kemajuan teknologi tersebut juga banyak dimanfaatkan tidak hanya oleh perseorangan, namun juga kelompok organisasi non profit dan profit. Seperti pemanfaatan salah satu produk media sosial paling laris di dunia, yaitu Instagram yang digunakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Atma Jaya Yogyakarta. @Fisip_UAJY merupakan nama Instagram milik Fisip UAJY yang berfokus sebagai sarana penyebaran informasi dan sarana interaksi dengan mahasiswa dan mahasiswi nya. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Menggunakan metode penelitian deskriptif dengan objek penelitian Efektivitas Instagram @Fisip_UAJY. Subjek dari penelitian ini adalah pengikut dari akun Instagram @Fisip_UAJY. Selanjutnya teknik pengumpulan berdasarkan jenisnya dikelompokkan ke 2 (dua). Data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden, dan data sekunder yang didapatkan melalui penelitian-penelitian sebelumnya, buku, jurnal Ilmu Komunikasi, dan data pendukung lainnya. Sebanyak 3.386 pengikut Instagram @Fisip_UAJY membuat peneliti memutuskan untuk menggunakan teknik Cluster Random Sampling sebagai penentu banyaknya perwakilan subjek dari penelitian ini. Perhitungan menggunakan rumus Slovin memberikan hasil sebanyak 103 individu dijadikan responden dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Dengan menyebarkan kuesioner kepada teman-teman angkatan 2017-2019 prodi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram @Fisip_UAJY efektif dalam menyebarkan informasi kepada mahasiswa dan mahasiswi nya. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis data yang memberikan hasil dari berbagai indikator kuesioner yang diberikan kepada responden yang meliputi dimensi Internalisasi, Identifikasi, dan Ketundukan, rasionya di atas 80%. Dengan total rasio pada uji keefektivitasan sebesar 95%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penyebaran Informasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 07 Sep 2023 20:32
Last Modified: 07 Sep 2023 20:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29807

Actions (login required)

View Item View Item