PENGARUH KESEJAHTERAAN TEMPAT KERJA KARYAWAN TERHADAP KETERLIBATAN KERJA DI CV MATA RODA YOGYAKARTA

Purnama, Tabitha Michelle (2023) PENGARUH KESEJAHTERAAN TEMPAT KERJA KARYAWAN TERHADAP KETERLIBATAN KERJA DI CV MATA RODA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Tabitha Michelle Purnama)
190324986 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324986 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324986 2.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
190324986 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
190324986 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img]
Preview
Text
190324986 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia merupakan unsur penting dalam pencapaian tujuan suatu organisasi. Karyawan perusahaan membutuhkan adanya rasa sejahtera di tempat kerja untuk menunjang performa kerja. Kesejahteraan tempat kerja karyawan merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi keterlibatan kerja. Faktor-faktor yang dapat mendukung kesejahteraan tempat kerja karyawan ialah kepuasan kerja, respek organisasi, ketiadaan gangguan kerja pada kehidupan pribadi, rasa peduli atasan, kebutuhan otonomi, kebutuhan kompetensi, dan kebutuhan berelasi. Faktor-faktor tersebut dapat mendorong karyawan semakin produktif dalam mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan tempat kerja karyawan terhadap keterlibatan kerja di CV Mata Roda Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada karyawan CV Mata Roda Yogyakarta. Kriteria sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu karyawan yang memiliki masa kerja lebih dari satu tahun. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan analisis regresi linier berganda. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan program pengolahan data SPSS versi 26. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum uji regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel ketiadaan gangguan kerja pada kehidupan pribadi bepengaruh signifikan dan negatif terhadap keterlibatan kerja di CV Mata Roda Yogyakarta. Kepuasan kerja, respek organisasi, rasa peduli atasan, kebutuhan otonomi, kebutuhan kompetensi, dan kebutuhan berelasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keterlibatan kerja di CV Mata Roda Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan tempat kerja karyawan, kepuasan kerja, respek organisasi, ketiadaan gangguan kerja pada kehidupan pribadi, rasa peduli atasan, kebutuhan otonomi, kebutuhan kompetensi, kebutuhan berelasi, keterlibatan kerja.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 15 Sep 2023 17:09
Last Modified: 15 Sep 2023 17:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29913

Actions (login required)

View Item View Item