KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENJUAL DARI ETNIS TIONGHOA DENGAN PEMBELI DARI ETNIS PRIBUMI PADA AKTIVITAS JUAL-BELI DI KOTA MEDAN

Zelin, Giovanie (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENJUAL DARI ETNIS TIONGHOA DENGAN PEMBELI DARI ETNIS PRIBUMI PADA AKTIVITAS JUAL-BELI DI KOTA MEDAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Giovanie Zelin)
180906497 0.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906497 1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906497 2.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
180906497 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
180906497 4.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Kegiatan jual-beli merupakan hal yang lumrah dalam masyarakat Indonesia. Dalam melakukan kegiatan ini diperlukan adanya komunikasi interpersonal. Etnis Tionghoa yang berdomisili di Kota Medan tak terkecuali mereka yang berprofesi sebagai penjual memiliki kecenderungan berbahasa Hokkian baik dalam forum formal maupun informal. Hal ini berbeda pada komunikasi interpersonal yang dilakukan penjual yang berasal etnis Tionghoa dengan pembelinya yang berasal dari etnis pribumi dikarenakan pembeli mereka yang berasal dari etnis pribumi menggunakan bahasa Indonesia dari keseharian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan penjual etnis Tionghoa dengan pembeli mereka yang berasal dari etnis pribumi di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data penelitian dihimpun dengan menggunakan teknik wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang dilakukan penjual etnis Tionghoa dengan pembeli mereka yang berasal dari etnis pribumi di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan elemen komunikasi interpersonal DeVito dalam menggambarkan komunikasi interpersonal penjual dan pembeli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal tidak bisa terlepas dari pengaruh budaya dari individu yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi interpersonal dilakukan secara verbal maupun nonverbal dan secara langsung ataupun melalui online seperti WhatsApp ataupun telepon. Para penjual dapat meminimalisir kesalahpahaman dengan menyesuaikan bahasa serta memahami kebutuhan dari pelanggan mereka yang beretnis pribumi. Oleh sebab itu, penjual etnis Tionghoa di kota Medan melakukan penyesuaian agar dapat dipahami oleh pembeli mereka yang berasal dari etnis pribumi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Budaya, Penjual, Pembeli, Etnis.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Oct 2023 21:40
Last Modified: 02 Oct 2023 21:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30072

Actions (login required)

View Item View Item