PENGARUH KUALITAS KONTEN SOFT LAUNCHING KERETA PANORAMIC MELALUI INSTAGRAM @KAWISATA TERHADAP MOTIVASI PEMBELIAN TIKET OLEH FOLLOWERS @KAWISATA (Studi Eksplanatif Konten Instagram Soft Launching Kereta Panoramic Unggahan 23 Desember 2022 pada Followers Instagram @kawisata)

DEWI, ANASTASIA KRISTIANA (2023) PENGARUH KUALITAS KONTEN SOFT LAUNCHING KERETA PANORAMIC MELALUI INSTAGRAM @KAWISATA TERHADAP MOTIVASI PEMBELIAN TIKET OLEH FOLLOWERS @KAWISATA (Studi Eksplanatif Konten Instagram Soft Launching Kereta Panoramic Unggahan 23 Desember 2022 pada Followers Instagram @kawisata). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANASTASIA KRISTIANA DEWI)
190906880 - 0.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906880 - 1.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906880 - 2.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
190906880 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img]
Preview
Text
190906880 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas konten Soft Launching Kereta Panoramic melalui Instagram KAI terhadap motivasi pembelian oleh followers @kawisata. Kereta Panoramic merupakan salah satu produk baru dari PT Kereta Api Indonesia yang dikelola secara resmi oleh salah satu perusahaan PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata). KAI memberikan rujukan dalam salah satu artikel di website yang mengarahkan masyarakat untuk mengakses informasi resmi terkait Kereta Panoramic dapat dilihat melalui media sosial @kawisata baik melalui Instagram yang menjadi pusat informasi seputar Kereta Panoramic. Konten promosi secara digital dapat diukur tingkah pengaruhnya bagi masyarakat berdasarkan kualitas konten yang diunggah pada akun Instagram @kawisata pada tanggal 23 Desember 2022. Kualitas konten dapat diukur menggunakan 5 indikator diantaranya adalah educates, informs, connects, entertains, dan create truthworthiness (The Internet Marketing Academy, 2011). Kualitas konten merupakan salah satu rangsangan informasi yang dapat mengubah perilaku konsumen. Perilaku konsumen memiliki tujuan akhir pada keputusan pembelian dari konsumennya yang dapat dilihat melalui proses keputusan pembelian diantaranya pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pascapembelian. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden yang merupakan bagian dari followers Instagram @kawisata. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menguji pernyataan pada kuesioner adalah uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini digunakan dengan melakukan uji regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa semakin berkualitas konten soft launching Kereta Panoramic di akun Instagram @kawisata, maka akan semakin mendorong motivasi pembelian tiket layanan Kereta Panoramic oleh followers @kawisata yang artinya variabel X memberikan pengaruh terhadap variabel Y. Besaran pengaruh yang diberikan dari variabel X ke variabel Y adalah sebesar 56,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Konten, Soft Launching, Kereta Panoramic, Instagram, Motivasi Pembelian
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 28 Nov 2023 20:28
Last Modified: 28 Nov 2023 20:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30663

Actions (login required)

View Item View Item