PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN TWITTER @COLLEGEMENFESS TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI PERKULIAHAN (Studi Eksplanatif pada Followers @Collegemenfess di Yogyakarta)

OKTAVIANA, JESICA (2023) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN TWITTER @COLLEGEMENFESS TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI PERKULIAHAN (Studi Eksplanatif pada Followers @Collegemenfess di Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (JESICA OKTAVIANA)
190906929 - 0.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906929 - 1.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906929 - 2.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
190906929 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img]
Preview
Text
190906929 - 4.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Sosial media memiliki pengaruh besar dalam kehidupan seseorang dan memiliki kemampuan untuk merepresentasikan interaksi antara dua orang tanpa batas ruang dan waktu. Twitter bukan hanya berupa konten cuitan atau tweet pribadi sebagai media komunikasi untuk mendapatkan informasi, tetapi melalui autobase yang dapat diartikan sebagai akun yang memberikan wadah untuk mencari dan mendapatkan informasi serta dapat menciptakan sebuah diskusi di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mengakses akun Twitter @collegemenfess terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mengenai perkuliahan. Penelitian ini memiliki jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Peneliti menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan dari variabel intensitas mengakses akun Twitter dan Kebutuhan Informasi dengan teori uses and gratification sebagai acuan pembahasan. Hasil penelitian menemukan adanya hubungan dan pengaruh dari intensitas mengakses akun twitter dan kebutuhan informasi dengan koefisien korelasi yang kuat. Intensitas mengakses akun twitter mampu mempengaruhi kebutuhan informasi sebesar 26,3%. Penelitian ini juga mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 penelitian ini diterima. Followers akun Twitter @Collegemenfess didominasi oleh perempuan dengan rentang usia 17-25 tahun. Followers memandang semakin tinggi intensitas mengakses akun twitter @collegemenfess, semakin tinggi pula pemenuhan kebutuhan informasinya mengenai perkuliahan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Twitter, kebutuhan informasi, uses and gratification
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 19:39
Last Modified: 30 Nov 2023 19:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30715

Actions (login required)

View Item View Item