PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL EDUCATIVA ID TERHADAP KEPUASAN LAYANAN KLIEN (Studi Kuantitatif pada Klien Educativa ID)

JOANNE, BLANKA RAHEL MARETHA (2023) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL EDUCATIVA ID TERHADAP KEPUASAN LAYANAN KLIEN (Studi Kuantitatif pada Klien Educativa ID). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BLANKA RAHEL MARETHA JOANNE)
190906959 - 0.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906959 - 1.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906959 - 2.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
190906959 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img]
Preview
Text
190906959 - 4.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Komunikasi menjadi aspek mendasar yang penting bagi perusahaan penyedia jasa dalam melayani pelanggannya. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan judul Pengaruh Kualitas Komunikasi Interpersonal Educativa ID terhadap Kepuasan Layanan Klien (Studi Kuantitatif pada Klien Educativa ID). Educativa ID merupakan penyedia jasa konsultan dan olah data penelitian dalam berbagai bidang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis kuantitatif menggunakan kuesioner online kepada 99 responden yang merupakan klien Educativa ID. Penelitian menggunakan teori kualitas komunikasi interpersonal beserta lima aspeknya yang digagas oleh DeVito, teori pertukaran sosial, kualitas layanan online (E-Servqual) dan kepuasan pelanggan. Secara umum, kualitas komunikasi interpersonal merupakan hal yang harus dimiliki SDM perusahaan untuk mencapai persamaan makna dan pemahaman pesan oleh semua pihak yang terlibat. Dalam konteks kegiatan jual-beli dan melayani pelanggan, hal tersebut dapat memengaruhi kepuasan pelanggannya. Dalam konteks penelitian ini, aktivitas melayani klien didasari dengan komunikasi antara Educativa ID dan klien serta Konsultan yang mengerjakan jasa klien. Penelitian ini berfokus pada aktivitas komunikasi yang terjadi hanya sebatas melalui pesan teks di media sosial WhatsApp (online) dan bagaimana pengaruh kualitas komunikasi interpersonal Educativa ID terhadap kepuasan layanan yang diterima klien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari kualitas komunikasi interpersonal Educativa ID terhadap kepuasan layanan klien sebesar 79,6%. Dalam Uji T, nilai signifikansi 0,00 di bawah nilai probabilitas 0,05 dan nilai t hitung 19,449 lebih besar dari t tabel. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Pelanggan, Penyedia Jasa, Educativa ID
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 21:00
Last Modified: 30 Nov 2023 21:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30721

Actions (login required)

View Item View Item