PROSES KOMUNIKASI PADA PENGGUNAAN APLIKASI SLACK DALAM KERJASAMA TIM INTERNAL (Studi Deskriptif terhadap Tim Digital Marketing pada Proyek X di PT Pameo Solusi Indonesia)

DEWAYANI, FLORENTINA EVIE (2023) PROSES KOMUNIKASI PADA PENGGUNAAN APLIKASI SLACK DALAM KERJASAMA TIM INTERNAL (Studi Deskriptif terhadap Tim Digital Marketing pada Proyek X di PT Pameo Solusi Indonesia). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FLORENTINA EVIE DEWAYANI)
190906969 - 0.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906969 - 1.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906969 - 2.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
190906969 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img]
Preview
Text
190906969 - 4.pdf

Download (925kB) | Preview

Abstract

Proses komunikasi pada aplikasi Slack merupakan topik menarik untuk dibahas, dimana anggota perusahaan bergantung pada suatu aplikasi komunikasi untuk bekerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses komunikasi dalam penggunaan aplikasi Slack pada proses kerjasama tim internal Digital Marketing pada proyek X di PT Pameo Solusi Indonesia. Latar belakang terjadinya penelitian ini dikarenakan adanya rasa penasaran dari peneliti mengenai media komunikasi yang digunakan untuk bekerjasama di perusahaan agensi kreatif. PT Pameo Solusi Indonesia merupakan salah satu agensi kreatif di Yogyakarta yang menggunakan aplikasi Slack sebagai media komunikasi utama untuk bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara kepada lima narasumber. Informan penelitian terdiri dari lima orang anggota tim Digital Marketing Data yang telah didapatkan, kemudian dianalisis menggunakan berbagai teori yang relevan dengan penelitian. Berbagai teori yang digunakan adalah teori komunikasi organisasi, komunikasi internal, komunikasi vertikal, dan kerjasama tim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Slack berperan pada proses kerjasama tim dalam pengerjaan proyek X. Berbagai manfaat dari penggunaan Slack di antaranya peningkatan produktivitas, efisiensi waktu, dan pengerjaan tugas yang cepat selesai. Slack digunakan secara penuh oleh tim Digital Marketing, mulai dari rapat pembagian dan pendelegasian tugas, pembahasan strategi, pembuatan design title, dan tugas lainnya yang berkaitan dengan proyek X. Proses komunikasi pada aplikasi Slack dapat berjalan dengan lancar juga dikarenakan tidak terlepas dari berbagai fiturnya. Contoh fitur yang memudahkan proses komunikasi adalah channel grup, attachment, thread, huddle, dan terintegrasinya Slack dengan berbagai aplikasi lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal, Kerjasama Tim, Slack
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 21:32
Last Modified: 30 Nov 2023 21:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30723

Actions (login required)

View Item View Item