KUALITAS KONTEN AKUN INSTAGRAM MEDIA KUMPARAN (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF PADA FOLLOWERS @kumparancom)

SADUKH, ANGELITA ZEFANYA JULIA (2023) KUALITAS KONTEN AKUN INSTAGRAM MEDIA KUMPARAN (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF PADA FOLLOWERS @kumparancom). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANGELITA ZEFANYA JULIA SADUKH)
190906998 - 0.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906998 - 1.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906998 - 2.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
190906998 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
190906998 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kuailtas konten Instagram dari media kumparan, melalui akun Instagram @kumparancom. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena kondisi persaingan industri media di era digital yang semakin ketat, khususnya dalam melaksanakan aktivitas komunikasi massa melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis deskriptif. Data primer penelitian ini berasal dari jawaban responden dalam kuesioner yang disebarkan secara daring, khususnya kepada pengikut Instagram @kumparancom. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 100 orang, yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin, beserta tingkat margin error 10%. Selain itu, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling, dengan menggunakan purposive sampling. Adapun pengujian instrumen penelitian dilakukan dengan menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Lebih lanjut, variabel dalam penelitian ini adalah kualitas konten sebagai variabel univariat. Pengukuran kualitas konten ini ditinjau dengan dimensi helpful, entertaining, authentic, relevant, dan timely. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh dari jawaban responden adalah kualitas konten Instagram @kumparancom memiliki kualitas yang baik atau positif. Hal ini dicerminkan dalam nilai mean dimensi helpful sebesar 20.60, dimensi entertaining sebesar 29.08, dimensi authentic sebesar 29.03, dimensi relevant sebesar 12.33, dan dimensi timely sebesar 12.86. Tidak hanya itu, total nilai Tingkat Capaian Responden (TCR) yang didapatkan oleh variabel kuailtas konten adalah sebesar 83.12% atau kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Konten, Instagram, Followers
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 01 Dec 2023 15:06
Last Modified: 01 Dec 2023 15:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30733

Actions (login required)

View Item View Item