PENGARUH INTENSITAS MENONTON KONTEN LITERASI KEUANGAN DI YOUTUBE TERHADAP PENGETAHUAN LITERASI KEUANGAN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Viewers Channel YouTube Felicia Putri Tjiasaka Tentang Literasi Keuangan)

SIHOMBING, ANTONIUS BINSAR GERALDO (2023) PENGARUH INTENSITAS MENONTON KONTEN LITERASI KEUANGAN DI YOUTUBE TERHADAP PENGETAHUAN LITERASI KEUANGAN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Viewers Channel YouTube Felicia Putri Tjiasaka Tentang Literasi Keuangan). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANTONIUS BINSAR GERALDO SIHOMBING)
190907034 - 0.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907034 - 1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907034 - 2.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
190907034 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
190907034 - 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media sosial merupakan salah satu komunikasi massa yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai isu di Indonesia, salah satunya adalah isu literasi keuangan. Salah satu financial influencer yang populer di Indonesia adalah Felicia Tjiasaka. Ia membagikan ilmu mengenai literasi keuangan melalui kanal YouTube miliknya. Untuk mengukur pengaruh tersebut, intensitas menonton akan digunakan sebagai tolak ukur dengan jenis kelamin dan tingkat pendidikan akhir sebagai variabel moderasi untuk mengatahui pengaruhnya terhadap pengatahuan literasi keuangan subscribers YouTube Felicia Tjiasaka. Penelitian ini berfokus untuk melihat pengaruh intensitas menononton konten literasi keuangan di YouTube milik Felicia Putri Tjiasaka terhadap pengetahuan literasi keuangan para subscribers-nya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan data primer berupa kuesioner yang disebarkan melalui Google Form kepada 400 subscribers akun YouTube Felicia Putri Tjiasaka. Temuan data pada penlitia ini menunjukkan hasil bahwa intensitas menonton konten YouTube Felicia Putri Tjiasaka memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pengetahuan literasi keuangan para subscribers-nya. Lalu tingkat pendidikan akhir dapat memoderasi pengaruh intensitas menotnon terhadap pengetahuan literasi keuangan, sehingga menambah pengaruhnya secara positif dan signifikan. Sedangkan jenis kelamin tidak dapat memoderasi pengaruh intensitas menonton terhadap pengetahuan literasi keuangan responden, sehingga tidak memperkuat pengaruhya secara signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Stimulus, Organisme, Respon, Felicia Putri Tjiasaka, Channel YouTube Felicia Tjiasaka
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 01 Dec 2023 17:59
Last Modified: 01 Dec 2023 17:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30748

Actions (login required)

View Item View Item