KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH KEPADA ANAK ASUH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEMANDIRIAN (Kasus di Panti Asuhan Sayap Ibu Pringwulung, Yogyakarta)

BLANTIC, GITA (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH KEPADA ANAK ASUH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEMANDIRIAN (Kasus di Panti Asuhan Sayap Ibu Pringwulung, Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GITA BLANTIC)
190907045 - 0.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907045 - 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907045 - 2.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
190907045 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
190907045 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku kemandirian merupakan aspek penting dalam perkembangan anak, dimana perilaku ini dapat menjadi landasan yang kuat untuk membawa anak tumbuh sebagai individu yang bertanggung jawab dan disiplin. Pada lingkungan panti asuhan, kemandirian menjadi salah satu aspek yang dibentuk, mengingat keadaan anak yang tidak memiliki orang tua, sehingga anak harus dibiasakan untuk bertindak mandiri supaya ketika mereka keluar dari panti asuhan, anak bisa mengambil keputusan yang baik untuk hidupnya sendiri. Dalam upaya pembentukan kemandirian, komunikasi interpersonal menjadi elemen penting untuk membentuk kemandirian pada anak. Hal ini karena selain untuk mengubah sikap dan perilaku, komunikasi interpersonal juga memungkinkan seseorang untuk memperoleh nilai-nilai serta keterampilan yang bisa membentuk perilaku mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal yang dilakukan pengasuh kepada anak dalam pembentukan perilaku kemandirian. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan pengamatan secara langsung ke Panti Asuhan Sayap Ibu. Sedangkan pada bagian analisis, peneliti menggunakan teori untuk membahasa datadata yang sudah diperoleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal pengasuh kepada anak membantu mereka untuk memiliki perilaku yang mandiri sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Selain itu, terdapat pula fakto-faktor yang mempengaruhi pembentukan kemandirian anak, seperti faktor lingkungan, psikososial, dan faktor stimulant pendorong.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Pembentukan Perilaku, Kemandirian Anak
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 01 Dec 2023 20:22
Last Modified: 01 Dec 2023 20:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30756

Actions (login required)

View Item View Item