PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN PADA FENOMENA “GHOZALI EVERYDAY” TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA NON FUNGIBLE TOKEN SEBAGAI SARANA MONETISASI KARYA

Takririyah, Reza Vivin (2023) PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN PADA FENOMENA “GHOZALI EVERYDAY” TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA NON FUNGIBLE TOKEN SEBAGAI SARANA MONETISASI KARYA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Reza Vivin Takririyah)
180906735_Bab 0.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906735_Bab 1.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906735_Bab 2.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
180906735_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img]
Preview
Text
180906735_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi digital mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah perkembangan Non Fungible Token (NFT) di Indonesia yang dipelopori oleh fenomena Ghozali Everyday. Sejak awal kemunculannya, NFT Ghozali menjadi perhatian khusus semua khalayak baik di media sosial maupun kehidupan sehari-hari. Masyarakat umum beramai ramai ingin mengikuti jejak Ghozali yang sukses dengan NFT Selfie-nya. Penelitian ini membahas mengenai minat berwirausaha yang dipengaruhi oleh tingkat pemahaman pada fenomena Ghozali Everyday yang terjadi pada tahun 2022. Sejak awal kemunculannya, fenomena Ghozali Everyday menyita banyak perhatian, dari yang awalnya floor price NFT Ghozali sebesar Rp 43.000 kini salah satu NFT nya bernilai Rp 3,1 triliun. Wilayah penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang berkuliah di perguruan tinggi DIY. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari tingkat pemahaman paada fenomena Ghozali Everyday terhadap minat berwirausaha NFT sebagai sarana monetisasi karya mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang berkuliah di DIY. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner melalui link Google Form yang didistribusikan melalui contact person ke setiap grup jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di 3 perguruan tinggi yaitu, ISI Yogyakarta, STSRD Visi Yogyakarta, da ASRD MSD Yogyakarta. Data kuesioner pada penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh tingkat pemahaman pada fenomena Ghozali Everyday terhadap minat berwirausaha NFT sebagai sarana monetisasi karya pada mahasiswa jurusan DKV yang berkuliah di perguruan tinggi DIY. Teori tingkat pemahaman merupakan teori yang digunakan untuk melihat tingkatan pemahaman individu atas informasi yang telah didapat dari berbagai media. Teori minat berwirausaha merupakan teori yang digunakan untuk mengukur minat individu terhadap sesuatu dengan melalui beberapa tahapan kognitif, afektif, dan konatif. Teori tingkat pemahaman dan minat berwirausaha relevan dengan penelitian ini sebab dapat melihat tingkat pemahaman yang dimiliki individu mampu memengaruhi minat individu tersebut terhadap sesuatu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pemahaman, Minat Berwirausaha, NFT, NFT Ghozali Everyday
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Dec 2023 19:40
Last Modified: 04 Dec 2023 19:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30778

Actions (login required)

View Item View Item