PERAN FAKTOR INDIVIDUAL DAN ORGANISASIONAL DALAM KESIAPAN UNTUK BERUBAH (STUDI PADA DOSEN DAN TENDIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA)

Yenata, Sany Tifani (2024) PERAN FAKTOR INDIVIDUAL DAN ORGANISASIONAL DALAM KESIAPAN UNTUK BERUBAH (STUDI PADA DOSEN DAN TENDIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Sany Tifani Yenata)
195003153_Bab 0.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195003153_Bab 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195003153_Bab 2.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
195003153_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
195003153_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img]
Preview
Text
195003153_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan karyawan dalam menghadapi perubahan dari sudut pandang yang lebih holistik dengan mempertimbangkan faktor proses, konteks, dan individu. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kependidikan dan tenaga pendidik yang berada di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dengan jumlah responden sebanyak 302 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan persamaan structural (SEM) dengan bantuan PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan dan kecerdasan sosial memiliki pengaruh positif pada kesiapan karyawan dalam menghadapi perubahan. Sementara itu, komitmen organisasi pada penelitian ini tidak memiliki pengaruh moderasi baik antara perilaku kepemimpinan terhadap kesiapan karyawan juga antara kecerdasan sosial terhadap kesiapan karyawan dalam menghadapi perubahan. Selain itu, kepercayaan pada manajemen puncak dan kualitas komunikasi perubahan tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan karyawan UAJY dalam menghadapi perubahan. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah, penelitian ini menyangkut hal-hal sensitif yang memuat pertanyaan mengenai perilaku kepemimpinan dan kepercayaan pada pimpinan. Hal tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam menjawab pertanyaan dan pada akhirnya menimbulkan hasil yang bias. Walau demikian, hasil penelitian ini dapat memberikan masukan atau evaluasi bagi universitas dalam mempersiapkan karyawan untuk menghadapi perubahan atau tantangan perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: leadership behavior, social intelligence, trust, communication, readiness for change, organizational commitment.
Subjects: Magister Manajemen > Sumber Daya Manusia
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Feb 2024 15:27
Last Modified: 12 Feb 2024 15:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30990

Actions (login required)

View Item View Item