PENGARUH LIVE STREAMING DAN KEPERCAYAAN TERHADAP STREAMER PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN: STUDI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK

Tasuib, Jacob (2023) PENGARUH LIVE STREAMING DAN KEPERCAYAAN TERHADAP STREAMER PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN: STUDI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jacob Tasuib)
225027020_Bab 0.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
225027020_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img]
Preview
Text
225027020_Bab 2.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
225027020_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
225027020_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img]
Preview
Text
225027020_Bab 5.pdf

Download (867kB) | Preview

Abstract

Penjualan melalui sosial media saat ini sangat berkembang dengan cepat dikenal dan diterima oleh masyarakat dalam melakukan pembelian. Live streaming merupakan salah satu fitur yang digunakan oleh pelaku usaha sebagai strategi pemasaran yang menjadikan pelaku usaha dapat secara langsung berinteraksi dengan para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live streaming dan kepercayaan terhadap streamer dalam melakukan keputusan pembelian pada media sosial TikTok. Penelitian ini dilakukan kepada 202 responden yang pernah menonton sampai melakukan keputusan pembelian melalui live streaming TikTok minimal 1 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, selanjutnya model pengukuran dibuat berdasarkan tanggapan valid dari kuesioner online dengan bantuan Stuctural Equation Modeling (SEM )menggunakan Smart-PLS untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung dari variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian membuktikan bahwa live streaming memiliki pengaruh terhadap kepercayaan pada streamer. Live streaming memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan kepercayaan terhadap streamer tidak memiliki pengaruh pada keputusan pembelian. Hasil dari hubungan mediasi dalam penelitian ini adalah kepercayaan streamer masuk dalam kategori bukan sebagai variabel mediasi dalam menjelaskan hubungan antara live streaming dan keputusan pembelian. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa konsumen dalam live streaming cenderung tidak memiliki kepercayaan terhadap streamer tetapi lebih tertarik pada diskon sehingga terjadi keputusan pembelian dalam waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Live Streaming, Kepercayaan Terhadap Streamer, Keputusan Pembelian.
Subjects: Magister Manajemen > E-Business
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Feb 2024 16:39
Last Modified: 13 Feb 2024 16:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31021

Actions (login required)

View Item View Item