Motif dan Kepuasan Penggunaan Twitter sebagai Media Komunikasi Penggemar Drama Korea

JELMAU, GIOVANNY INAN (2023) Motif dan Kepuasan Penggunaan Twitter sebagai Media Komunikasi Penggemar Drama Korea. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (GIOVANNY INAN JELMAU)
180906648 0.pdf

Download (603kB)
[img] Text
180906648 1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
180906648 2.pdf

Download (279kB)
[img] Text
180906648 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
180906648 4.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan minat masyarakat terhadap drama Korea di Indonesia ditunjukkan dari ramainya pembahasan seputar drama Korea di media sosial Twitter. Tingginya minat terhadap drama Korea ini didukung juga dengan keberadaan akun autobase @kdrama_menfess di Twitter sebagai wadah untuk diskusi dan komunikasi antarpenggemar drama Korea. Dengan jumlahnya yang begitu besar, penggemar drama Korea ini memiliki motifnya masing-masing untuk menggunakan akun @kdrama_menfess sebagai media komunikasi. Di sisi lain, terdapat juga kepuasan atau pemenuhan kebutuhan yang harus dipenuhi akun @kdrama_menfess sebagai media komunikasi para penggemar drama Korea di Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana motif dan kepuasan penggunaan media sosial Twitter yakni akun @kdrama_menfess sebagai media komunikasi penggemar drama Korea khususnya apakah kebutuhan penggemar drama Korea di media sosial Twitter sudah terpenuhi oleh akun @kdrama_menfess. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan ialah Motif dan Kepuasan Penggunaan Media dan menggunakan konsep Gratification Sought dan Gratification Obtained untuk mengukur kesenjangan kepuasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta atau sifat objek tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji perbandingan mean variabel motif penggunaan media dan variabel kepuasan penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan kepuasan antara motif penggunaan media dengan kepuasan penggunaan media dimana skor kepuasan lebih besar dibandingkan skor motif. Sehingga @kdrama_menfess sebagai media komunikasi mampu memenuhi kepuasan audiensnya yakni penggemar drama Korea di media sosial Twitter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: i: Motif dan Kepuasan, Media Sosial, Twitter, Penggemar Drama Korea
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 13 Feb 2024 20:16
Last Modified: 13 Feb 2024 20:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31028

Actions (login required)

View Item View Item