PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WEBSITE PENERBIT LEDALERO

Siti, Maria Elvina (2024) PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WEBSITE PENERBIT LEDALERO. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Maria Elvina Siti)
190710437_Bab 0.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710437_Bab 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710437_Bab 2.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
190710437_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
190710437_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
190710437_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
190710437_Bab 6.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Salah satu perkembangan teknologi yang telah banyak membawa manfaat bagi manusia adalah aplikasi. Aplikasi yang diciptakan akan memberikan kenyamanan bagi manusia dengan memuat berbagai fitur dan salah satu aplikasi tersebut adalah e-commerce. Pemanfaatan sistem informasi di bidang e-commerce saat ini cukup menjanjikan, terutama dapat menjangkau konsumen secara luas. Begitu pula dengan penjualan buku, saat ini banyak penerbit buku mempromosikan dan menjual produk mereka melalui e-commerce. Tujuan didirikannya e-commerce toko buku adalah untuk memperkenalkan, mempublikasikan, menjual, dan meningkatkan minat baca masyarakat agar dapat mencukupi kebutuhan akan wawasan dan pengetahuan. Toko buku Penerbit Ledalero merupakan toko yang bergerak di bidang produk, khususnya buku. Penerbit Ledalero ini menerbitkan berbagai jenis dan variasi buku serta menjualnya secara offline dan online melalui e-commerce website bernama www.ledalero-publisher.com. Penelitian dilakukan dengan merancang User Interface dan User Experience pada website Penerbit Ledalero menggunakan metode User Centered Design (UCD), dimana pengguna websitenya yaitu dari mahasiswa IFTK Ledalero. Penulis akan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk melakukan evaluasi terlebih dahulu agar dapat mengetahui kegunaan website yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau belum. Setelah membuat rancangan baru, penulis akan melakukan evaluasi lagi terhadap hasil rancangan baru agar dapat mengetahui nilai dari usabilitas dan penerimaan rancangan antarmuka website oleh para pengguna. Dengan demikian, setelah melakukan proses perhitungan pada evaluasi akhir dari SUS mendapatkan skor sebesar 74,59. Nilai tersebut menunjukkan bahwa rancangan dari website Penerbit Ledalero memiliki arti skor yang berada pada Acceptable, dimana rancangan website Penerbit Ledalero sudah dapat diterima oleh pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Website, User Interface, User Experience, E-commerce, User Centered Design, System Usability Scale.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Feb 2024 17:44
Last Modified: 23 Feb 2024 17:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31170

Actions (login required)

View Item View Item