PENGARUH KUALITAS CHICCO JERIKHO SEBAGAI BRAND AMBASSADOR PEMERAN SERIAL DRAMA SINGKAT REALFOOD TERHADAP MINAT MENONTON SERIAL DRAMA SINGKAT REALFOOD

AYOMI, NESYA PUTRI (2024) PENGARUH KUALITAS CHICCO JERIKHO SEBAGAI BRAND AMBASSADOR PEMERAN SERIAL DRAMA SINGKAT REALFOOD TERHADAP MINAT MENONTON SERIAL DRAMA SINGKAT REALFOOD. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NESYA PUTRI AYOMI)
190906927 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906927 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906927 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
190906927 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img]
Preview
Text
190906927 4.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini hendak memahami mengenai pengaruh kualitas Chicco Jerikho sebagai brand ambassador pemeran serial drama singkat Realfood terhadap minat menonton serial drama singkat Realfood. Alasan peneliti meneliti mengenai serial drama singkat dari PT. Realfood Winta Asia yang berjudul “Office Romance Recipe” ini adalah perusahaan produsen sarang burung walet pertama di Indonesia ini menampilkan seorang artis bernama Chicco Jerikho sebagai brand ambassador bersama aktor dan aktris Korea Selatan sebagai pemeran utama dalam serial dramanya. Padahal pada bulan yang bersamaan dengan munculnya episode pertama serial drama singkat Realfood ini, Chicco Jerikho terseret dalam sebuah kasus perselingkuhan. Atas hal tersebut, peneliti hendak melihat apakah ada pengaruh dari kualitas Chicco Jerikho sebagai brand ambassador pemeran utama serial drama singkat Realfood terhadap minat menonton audiens atas serial drama singkat Realfood. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif yang menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan aturan Cooper dan Emory yang mencukupkan 100 responden untuk menjadi perwakilan populasi dalam sebuah wilayah penelitian. Di sini peneliti menyebarkan kuesioner secara online kepada 148 responden yang masuk pada kriteria target pasar Realfood, yakni penduduk Indonesia yang berusia produktif. Pernyataan-pernyataan dalam kuesioner penelitian ini diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk pengolahan data, hasil kuesioner diolah dengan menggunakan uji regresi linear sederhana untuk melihat hubungan variabel X (kualitas Chicco Jerikho sebagai brand ambassador pemeran serial drama singkat Realfood) dan variabel Y (minat menonton serial drama singkat Realfood), lalu melihat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kualitas Chicco Jerikho sebagai brand ambassador pemeran serial drama singkat Realfood berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat menonton serial drama singkat Realfood. Nilai signifikansi pada hasil analisis regresi linear sederhana dalam penelitian ini menunjukkan angka 0,000, yang berarti variabel kualitas Chicco Jerikho sebagai brand ambassador pemeran serial drama singkat Realfood berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat menonton serial drama singkat Realfood, karena nilai signifikansinya ada di bawah angka 0,050. Lalu, dari nilai R Square penelitian ini yang menunjukkan angka 0,404, dapat kita ketahui bahwa variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh moderat sebesar 40,4% terhadap variabel dependen. Dari nilai R yang menunjukkan angka sebesar 0,636, juga dapat kita ketahui bahwa hubungan atau korelasi variabel independen dan variabel dependen termasuk pada hubungan positif yang kategorinya kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Komunikasi Pemasaran, Minat Menonton
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 26 Feb 2024 21:14
Last Modified: 26 Feb 2024 21:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31209

Actions (login required)

View Item View Item