Pengaruh Terpaan Media Akun Instagram Employer Branding @lifeatbca Terhadap Minat Melamar Kerja oleh Followers @lifeatbca

DEI, HERIBERTUS GLORIE AGNUS (2023) Pengaruh Terpaan Media Akun Instagram Employer Branding @lifeatbca Terhadap Minat Melamar Kerja oleh Followers @lifeatbca. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (HERIBERTUS GLORIE AGNUS DEI)
190906977 0.pdf

Download (478kB)
[img] Text
190906977 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
190906977 2.pdf

Download (385kB)
[img] Text
190906977 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190906977 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan media akun Instagram @lifeatbca terhadap minat melamar kerja di BCA oleh followers Instagram @lifeatbca. BCA menggunakan akun yang terpisah untuk menginformasikan produk dengan lowongan dan informasi lain seputar pekerja yakni melalui akun Instagram employer branding @lifeabtca. BCA telah melakukan strategi employer branding sejak tahun 2014 dengan merumuskan Employee Value Proposition (EVP), namun dalam kegiatan mempromosikan EVP kepada pihak eksternal sudah cukup lama dilakukan oleh BCA (Kusuma & Prasetya, 2017, 147). Penggunaan Instagram employer branding sebagai media untuk mencari talenta terbaik dan sesuai dengan kualifikasi menjadi menarik untuk diteliti terhadap kaitannya dengan minat pencari kerja dalam mencari informasi lowongan pekerjaan. Terpaan media dalam penelitian ini digunakan untuk melihat penggunaan media melalui tiga faktor pengukuran diantaranya frekuensi penggunaan, durasi, dan atensi (Ardianto et al., 2007). Minat melamar yang muncul pada diri individu merupakan salah satu bentuk aspek psikologis yang mampu mempengaruhi perilaku kedepannya karena dipengaruhi oleh suatu rangsangan. Sehingga konsep dalam penelitian ini adalah ketika followers @lifeatbca diterpa oleh konten-konten dari akun Instagram employer branding @lifeatbca maka diasumsikan akan menimbulkan pengaruh pada tindakannya, salah satunya yang ingin digali dalam penelitian ini adalah minat melamar pekerjaan yang akan dilihat melalui tahapan pada model AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action) yang pada akhirnya akan memunculkan aksi dari followers. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan 100 responden dari followers Instagram @lifeatbca. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menguji pernyataan pada kuesioner adalah uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini digunakan dengan melakukan uji regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa semakin sering followers Instagram @lifeatbca diterpa konten-konten dari akun @lifeatbca, maka akan semakin tinggi minat melamar pekerjaan di BCA yang dimiliki oleh followers @lifeatbca. Pengaruh yang diberikan sebesar 77,1% sehingga dapat diasumsikan bahwa sebesar 22,9% sisanya merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Media, Employer Branding, Instagram, Minat Melamar Pekerjaan, Followers
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 29 Feb 2024 21:25
Last Modified: 29 Feb 2024 21:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item View Item