STRATEGI KOMUNIKASI PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK PADA BIDANG ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE

WIDOWATI, REGINA AYU (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK PADA BIDANG ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (REGINA AYU WIDOWATI)
190907003 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907003 1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907003 2.pdf

Download (935kB) | Preview
[img] Text
190907003 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
190907003 4.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab ESG (Environmental, Social, Governance) merupakan tanggung jawab yang dilakukan perusahaan atas aktivitas bisnis yang menggunakan sumber daya alam untuk produksi, serta sumber daya manusia seperti masyarakat, konsumen, supplier, dan karyawan. Tujuan pelaksanaan tanggung jawab ESG adalah pembangunan berkelanjutan, yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa mengurangi, bahkan mengeksploitasi kebutuhan di masa mendatang. PT Indofood Sukses Makmur Tbk melaksanakan tanggung jawab ESG melalui beberapa pilar, yaitu gizi untuk semua, pembangunan sumber daya manusia, peningkatan nilai ekonomi, pelibatan masyarakat, solidaritas dan kemanusiaan, serta menjunjung tinggi hak masyarakat. Rancangan strategi komunikasi PT Indofood Sukses Makmur Tbk dibentuk untuk dapat mengomunikasikan setiap proses pelaksanaan tanggung jawab perusahaan secara maksimal kepada setiap stakeholder. Melalui teknik media storytelling, perusahaan berupaya memberikan informasi yang padat dan detail, serta mengevaluasi diri dan berinovasi melalui pemanfaatan media internal maupun eksternal. Terdapat beberapa tahap yang dilalui perusahaan dalam strategi komunikasi sesuai dengan komunikasi partisipatif, yaitu melalui prinsip actionreflection-action yang dimaknai perusahaan sebagai salah satu proses untuk sampai kepada keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, didukung dengan instrumen pengambilan data melalui wawancara mendalam dengan beberapa narasumber, serta dokumentasi yang kemudian keduanya diolah menjadi data primer dalam penelitian ini. Melalui pelaksanaan tanggung jawab perusahaan, hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan stakeholders, serta peningkatan reputasi perusahaan dapat dicapai. Hal ini berdampak kepada kualitas perusahaan dalam melaksanakan aktivitas bisnis yang kompetitif dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab perusahaan, ESG, Strategi komunikasi, Relasi stakeholder
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 04 Mar 2024 18:46
Last Modified: 04 Mar 2024 18:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31316

Actions (login required)

View Item View Item